Taptu HUT RI, Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan P Nababan Berbaur Bersama Masyarakat

PORTALINDONEWS.COM | Doloksanggul – Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH didampingi istrinya Erma Simbolon langsung berbaur bersama masyarakat usai upacara dan pelepasan Taptu dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Doloksanggul, Jumat (16/8).

Saat berbaur, tampak dari ekspresi wajah masyarakat sangat senang ketika bertemu dengan Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan P Nababan. Seperti ada sesuatu kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat.

Taptu dan pawai obor dihiasi penuh warna-warni itu termasuk penampilan drum band diikuti hampir ribuan masyarakat dari berbagai elemen. Taptu dan pawai obor itu dilepas Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto MH. Saat pawai obor, setiap rombongan melambaikan tangan sebagai tanda memberikan salam kemerdekaan. Bahkan ada sekali-kali mengucapkan kata merdeka. Lambaian tangan dan kata-kata merdeka itupun disambut Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan P Nababan.

Oloan P Nababan mengatakan upacara Taptu merupakan tradisi untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang harus diteladani dan diteruskan agar perjuangan yang dilakukannya tidak sia-sia. Taptu digelar setiap tahun sebagai kewaspadaan tokoh-tokoh bangsa terdahulu meskipun sudah merdeka. Taptu juga merupakan pengingat bagi generasi saat ini mengenai pejuang kemerdekaan, pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang memerdekakan tanah air. Tradisi ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat agar dapat memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk didalamnya semangat para pejuang. M Sormin.

About Portalindonews

Check Also

Tolak Golput, Wujudkan Pilkada Berkualitas

Oleh: Andi Ramli Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pilkada serentak 2024 semakin dekat, dan dengan …