Kodim 1709/Yawa Gelar Kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup Di Kampung Menawi

PORTALINDONEWS.COM | Serui – Dalam rangka menjaga keseimbangan alam dan kelestarian lingkungan hidup yang ada diwilayah teritorialnya, Kodim 1709/Yawa menggelar kegiatan pembinaan lingkungan hidup TA 2024, yang dilaksanakan di Kampung Menawi, Distrik Angkaisera, Kabupaten Kepulauan Yapen, Rabu (25/9/2024).

Mengawali kegiatan ini, Komandan Kodim 1709/Yawa yang saat itu diwakili oleh Danramil 1709-01/Serui Kapten Inf Marselus Worabai dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang hari ini kita ikuti bersama, mengambil tema yaitu, “Bersatu Dengan Alam Untuk Indonesia Hijau”, yang merupakan bagian dari wujud kepedulian dan kesungguhan satuan Kodim 1709/Yawa untuk turut berperan aktif bersama-sama pemerintah dalam mewujudkan taraf hidup yang lebih layak bagi seluruh lapisan masyarakat, dengan menjaga kelestarian alam disekitar.

Ekosistem merupakan bagian utama dari lingkungan hidup yang sangat dinamis, karena banyaknya komponen yang terlibat di dalamnya, dan bila salah satu komponen tersebut berubah maka sistem adaptasi dari organisme yang ada untuk menjaga keseimbangan alam tentunya akan mengalami perubahan.

Karena ekosistem merupakan pusat segala aktivitas yang menyediakan sumber makanan dan kebutuhan lain bagi makhluk hidup, maka keseimbangan komponen di dalamnya tersebut, haruslah kita jaga bersama dengan baik,” imbuhnya.

Untuk itu, kedepannya marilah bersama-sama kita menjaga ekosistem dan keseimbangan alam diwilayah ini melalui kegiatan penghijauan yang setelah kegiatan ini akan kita laksanakan bersama, agar bersama-sama kita terus bersinergi untuk membantu program pemerintah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global.

“Sehingga menjadi partisipasi aktif dan bermanfaat bagi kita semua yang hadir saat ini, dalam menciptakan kualitas lingkungan hidup yang baik dan sehat, dengan bersatu bersama alam dan kita hijaukan Negeri ini, demi kelangsungan hidup anak cucu dan generasi penerus kita dimasa depan,” harapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon mahoni sebanyak 40 buah, pohon cempedak 30 buah, dan pohon jambu 30 buah yang ditanami dilahan sekitar milik warga, dan penanaman 300 buah bibit mangrove dipesisir pantai.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapten Inf Pawawoi Taher, S.E Pasiter Kodim 1709/Yawa, Ipda A. W. Waromi Kapolsek Angkaisera, Habib Oropa, S. Hut., M.H Kepala KPHP Unit XXI Kep. Yapen, Herman Bonai Kepala Kampung Menawi, anggota Pramuka Gugus Depan Saka Wira Kartika, para aparat Kampung Menawi, dan seluruh masyarakat.

About Portalindonews

Check Also

Satu Dekade Pemerintahan Presiden Jokowi, Ekonomi Nasional Berdaya Tahan Kuat

Oleh: Nana Gunawan  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), …