Pembangunan Creative Hub Aceh Amanah oleh BIN Sangat Penting sebagai Fasilitas Inovasi Pemuda

azaASDOleh: Bagas Adrian Nathaniel 

Editor: Ida Bastian

portalindonews.com – Pembangunan Youth Creative Hub (Gedung Kreatif Anak Muda) Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN) merupakan hal yang dinilai sangat penting sebagai bentuk penyediaan dan dukungan fasilitas secara nyata yang diberikan dalam mendukung penuh pengembangan inovasi para pemuda penerus generasi bangsa.

Diketahui bahwa memang sejauh ini, BIN sendiri memiliki komitmen yang sangat kuat untuk terus memberikan dukungan secara nyata kepada para generasi muda penerus bangsa dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk kini di Aceh melalui banyaknya program, salah satunya adalah pembangunan Youth Creative Hub Aceh Amanah tersebut.

Sebelumnya, pihak Badan Intelijen Negara Republik Indonesia dalam rangka mendukung penuh pengembangan akan kreativitas dan inovasi dari para pemuda di Tanah Air tersebut juga telah melaksanakan pembangunan serupa, yakni Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Poros Wahno, Abepura, Provinsi Papua.

Kemudian, setelah sukses besar dalam program pengembangan dan dukungan penuh akan fasilitasi kreativitas serta inovasi dari para pemuda di Papua, selanjutnya BIN terus bergerak dalam hal tersebut untuk kembali membangun banyak sarana gedung kreatif bagi anak muda, yang mana kini di Aceh dan nantinya sebagaimana dikemukakan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), Youth Creative Hub juga akan dibangun di beberapa wilayah lain seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Maluku.

Terkait dengan bagaimana dukungan Badan Intelijen Negara sangat besar dan kepeduliannya sangat tinggi pada para generasi muda penerus bangsa di Aceh, Ketua Aceh Kreatif Delky Nofrizal Qutni mengatakan bahwa dirinya juga sangat mendukung penuh dan mengapresiasi tinggi upaya tersebut.

Karena sejatinya, tidak bida dipungkiri bahwa sebenarnya para pemuda di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Aceh sendiri memang memiliki banyak sekali nilai kreativitas dan inovasi, hingga bagaimana minat besar mereka untuk bisa terus bergerak di banyak bidang lain seperti fashion, industri kreatif, peternakan, perikanan dan lain-lain.

Maka dari itu, menurut Delky bagaimana peranan aktif yang ditunjukkan oleh BIN untuk memberikan fasilitas akan seluruh bakat kratif dan inovasi yang dimiliki oleh para generasi muda itu menjadi sangat penting. Karena nantinya, dengan adanya fasilitas yang mumpuni, tentu akan sangat membantu dan mendukung para pemuda tersebut dalam bersaing di era sekarang, bukan hanya pada kancah nasional saja, melainkan hingga pada kancah internasional.

Dapat juga terlihat dengan sangat nyata bahwa Badan Intelijen Negara dalam upayanya untuk terus mengembangkan seluruh potensi serta memberdayakan para generasi muda penerus bangsa di Tanah Air, sama sekali tidak pernah melupakan Aceh.

Lantaran sangat pentingnya terdapat fasilitas yang mumpuni untuk semakin mendukung pengembangan akan kreativitas dan inovasi para pemuda itu, maka komitmen kuat dari BIN dalam pembangunan Gedung Kreatif Pemuda (Youth Creative Hub) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) tersebut juga harus mampu didukung penuh oleh pihak Pemerintah Darah (Pemda) Aceh.

Terlebih, upaya untuk mendukung penuh bakat dan minat dari para pemuda generasi muda di Aceh itu juga sebenarnya telah sejalan dan termaktub dalam Qanun Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pembangunan Kepemudaan Aceh.

Sehingga realisasi akan pembangunan Youth Creative Hub Aceh Amanah yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara itu sebenarnya juga merupakan peluang atau momentum emas bagi pihak Pemeraintah Daerah Aceh dalam mewujudkan komitmen mereka di bidang kepemudaan untuk menuntaskan amanat dari Qanun Aceh sendiri.

Bukan hanya sekedar menununaikan amanat dari Qanun Aceh saja, melainkan adanya pembangunan Gedung Pusat Kreatif bagi Anak Muda Aceh tersebut nantinya juga akan semakin meningkatkan adanya paritisipasi dari para generasi muda penerus bangsa untuk turut aktif dalam mendukung penuh pembangunan di Tanah Rencong pada masa mendatang.

Jelas akan terlahir banyak karya yang secara langsung ataupun tidak langsung sangat mendatangkan dampak nyata bagi pembangunan perekonomian wilayah Aceh dari peran kontribusi para pemuda itu, termasuk juga nantinya bagaimana berjalannya pembangunan di Aceh akan semakin menampung banyaknya gagasan inovatif dari para generasi muda.

Eksistensi gedung pusat kreatif anak muda Aceh itu jelas akan sangat bermanfaat secara positif bagi para pemuda untuk mendorong dan menghasilkan kemajuan bagi masyarakat di Aceh sendiri.

Diharapkan dengan adanya fasilitas akan penyaluran dan pengembangan bakat serta minat dari para generasi muda di Aceh tersebut, nantinya mereka bisa semakin dieksplorasi sehingga dapat secara mandiri memicu pertumbuhan ekonomi di lingkungan sekitarnya.

Oleh karenanya, pembangunan Youth Creative Hub (Gedung Kreatif Anak Muda) Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN) menjadi hal yang sangat penting untuk semakin menunjang adanya pemenuhan fasilitas dan menampung seluruh kreativitas serta inovasi bagi para pemuda, yang nantinya juga berdampak baik pada pertumbuhan peningkatan kesejahteraan Aceh.

Kontributor Angkasa Media Satu

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Papua Bagian NKRI Kunci Wujudkan Cita-Cita Kemerdekaan Bangsa

Oleh : Olivia Hailey  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Tujuan dan cita – cita bangsa …