Dandim 1708/BN, Dinobatkan Sebagai Mandawarek Dalam Tradisi Barapen Di Kampung Kbusdori

PORTALINDONEWS.COM | Biak ~ Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han, mendapatkan kehormatan dinobatkan sebagai Mandawarek dalam upacara adat Barapen atau bakar batu yang diadakan di SD Infres Wombeisau, Jl. Swandiwe, Kampung Kbusdori, Distrik Swandiwe, Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (15/6/2024).

Dalam acara adat tersebut, Letkol Inf Marsen Sinaga didampingi oleh Ketua Persit KCK Cab XXI Dim 1708/BN. Kedatangannya disambut hangat dengan serangkaian tradisi adat Biak yang meliputi penanggalan tas Noken, pemasangan mahkota, dan ritual injak piring sebagai bentuk penghormatan dan penerimaan dari masyarakat adat setempat.

Penobatan Letkol Inf Marsen Sinaga sebagai Mandawarek, yang berarti seseorang yang selalu ingat Kampung Kbusdori, merupakan penghormatan dan apresiasi atas kunjungannya ke kampung tersebut. Gelar ini menunjukkan penerimaan dan penghargaan masyarakat adat terhadap dedikasi dan kepedulian Dandim terhadap Kampung Kbusdori.

Kepala Kampung Kbusdori, Bapak Yakonias Kmur, dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang mendalam atas kunjungan Dandim ke kampungnya.

“Hari ini kita memberikan apresiasi kepada Bapak Dandim yang datang ke Kampung Kbusdori. Hal ini membuat masyarakat disini mencatat lembaran baru di kampung kami sebagai tempat yang terpilih untuk dikunjungi,“ ungkapnya.

Yakonias Kmur juga menambahkan bahwa masyarakat Kbusdori percaya bahwa Dandim yang datang ke kampung mereka dan berpijak dari kampung ini akan menjadi orang sukses.

“Kami telah menerima Bapak Dandim sebagai Mandawarek secara adat, nama yang kami berikan adalah menyambung sebagai mitra kerja dari pemerintah, Kampung, dan masyarakat adat yang ada di tempat ini,“ tambahnya.

Dalam sambutannya, Dandim 1708/BN menyampaikan kegembiraannya atas sambutan hangat dari masyarakat Kbusdori.

“Pada kesempatan hari ini, terus terang saya sangat bergembira dan bersyukur karena telah disambut oleh seluruh masyarakat Kampung Kbusdori, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tokoh pemuda Kampung Kbusdori,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas gelar yang diberikan kepadanya. Pelaksanaan Barapen sebagai bagian dari acara tersebut juga mendapat apresiasi dari Dandim.

“Kita telah melaksanakan Barapen sebagai wujud rasa syukur dan semoga dengan adanya Barapen ini menjadi berkat untuk kita semua,“ tambahnya.

Lebih lanjut, Dandim juga mengajak masyarakat untuk membangun hubungan lebih dekat lagi antara Kodim 1708/BN dan masyarakat Kbusdori. Menurutnya, hubungan yang erat antara militer dan masyarakat dapat menciptakan sinergi positif dalam berbagai aspek pembangunan.

Pada kesempatan tersebut, Dandim juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kondusifitas Pilkada yang akan datang.

“Mari kita sama-sama mengajak masyarakat untuk mendukung lancarnya kegiatan Pilkada, mari kita laksanakan Pilkada dengan aman, damai, dan cerdas, pilihlah kepala daerah sesuai hati nurani masing-masing,” ujarnya.

Acara tersebut diakhiri dengan pembukaan Barapen oleh Dandim 1708/BN didampingi Ketua Persit KCK Cab XXI DIM 1708/BN, yang dilanjutkan dengan makan bersama dengan masyarakat Kampung Kbusdori.

“Tradisi Barapen ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara anggota Kodim 1708/BN dan masyarakat serta menjadi momen berharga dalam menjaga nilai-nilai budaya dan tradisi setempat,“ tandas Dandim.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Komunikasi Sosial di Kampung Holomama, Intan Jaya

PORTALINDONEWS.COM | Intan Jaya, Papua – Satgas Yonif 509 Kostrad kembali menunjukkan dedikasinya kepada masyarakat …