Drs. Abd. Kahar Pattola Resmi di Lantik Sebagi Raja Bajeng ke – 19

Gowa, Portalindonews.com – Pengukuhan pengurus Lembaga Adat Kerajaan Bajeng dan pemangku adat 37 Anrong Tau serta Tumailalang Salapanga ri Bajeng dilaksanakan di kediaman Drs. Abd. Kahar Pattola Daeng Siala, Jl. Hasan Daeng Liung, Coring kelurahan Kalebajeng, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Sabtu (09/12/23).

Sebelum dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Abd. Kahar Pattola Daeng Siala adalah putra dari almarhum H. Pattola Daeng Sibali keturunan kerajaan Bajeng dan sekaligus sebagai Ketua Umum Lipang Bajeng yang ikut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Pelantikan Drs. Abd. Kahar Pattola Daeng Siala sebagai raja Bajeng ke – 19 yang bergelar Karaeng Loe ri Bajeng disaksikan para Gallarrang, Batang Banoa, Punggawa, Anrong Guru, Daengta, Jannang.

Setelah resmi dilantik sebagai pemangku adat kerajaan ri Bajeng dilanjutkan dengan aru yang menyatakan sumpah setia seorang tubarani kepada sang raja.

Pengukuhan pengurus Lembaga Adat Kerajaan Bajeng dan pemangku adat 37 Anrong Tau diharapkan dapat terjalin kembali silatturrahmi yang selama ini para leluhur sudah bangun.

“Kegiatan yang sakral ini adalah untuk membangun kembali silaturrahmi di antara 37 Anrong Tau, yang mana mereka merupakan cikal bakal yang memerdekakan Indonesia serta 37 Anrong Tau itu adalah keluarga dekat dari raja Bajeng Karaeng Loe,” ucap sekretaris LAKB, Ahmad Baso Daeng Tenreng.

Dengan selesainya Pengukuhan pengurus Lembaga Adat Kerajaan Bajeng dan pemangku adat 37 Anrong Tau diharapkan dapat membangun kembali silaturrahmi yang pernah dibangun oleh para leluhur mereka sehingga dapat menjaga persatuan dan kesatuan yang dapat melahirkan kekuatan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Untuk mempererat tali silaturrahmi para turunan 37 Anrong Tau bersama – sama membentuk yayasan bernama Lembaga Adat Kerajaan Bajeng (LAKB) sebagai wadah pemersatu mereka.

Diakhir kegiatan, panitia pelaksana kegiatan Lembaga Adat Kerajaan Bajeng mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan support dan menyumbangkan tenaga dan pikirannya sehingga acara ini bisa terlaksana dengan lancar dan aman. (Syam).

About Portalindonews

Check Also

Waspadai Eks HTI Rekrut Generasi Muda Sebarkan Paham Khilafah

Oleh : Tyas Permata Wiyana  Editor: Ida Bastian portalindonews.com – Seluruh elemen masyarakat Indonesia perlu …