Kasdam XVII/Cenderawasih Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Di Kantor Gubernur Papua

PORTALINDONEWS.COM, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hariyanto mengikuti upacara Hari Lahirnya Pancasila tahun 2024 dengan Inspektur Upacara (Irup) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Yorgenes Derek Hegemur, S.H., M.H., bertempat di di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Sabtu (1/6/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cen Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M. dalam keterangannya.

Turut hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si., Para PJU Kodam XVII/Cen, Para Kabalakdam XVII/Cen, Para Pejabat TNI-Polri, Para Forkopimda Papua, Para Tokoh Adat, Agama, Masyarakat, Para Tokoh Paguyupan, dan Prajurit TNI, Polri serta PNS se-Garnisun Jayapura.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Papua Y. Derek Nggemur, S.H., M.H., membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D yang mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” menegaskan bahwa Pancasila harus senantiasa dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Sekda.

Lebih lanjut, Sekda mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutup Sekda Prov. Papua.

(Pendam XVII/Cenderawasih)

About Portalindonews

Check Also

Korem 052/Wijayakrama Gelar Pemeriksaan HP Prajurit

PORTALINDONEWS.COM | Korem 052 – Tangerang_Cegah Terlibat dalam kegiatan Judi Online dan pinjaman Online, Korem …