Kepedulian Babinsa Koramil 1709-03/Warbah Bantu Warga Mengolah Sagu

PORTALINDONEWS.COM, Yapen ~ Guna mendukung kelestarian bahan pangan khas lokal Papua, Koptu Zainal Saparang Babinsa Koramil 1709-03/Waropen Bawah Kodim 1709/Yawa, hadir membantu salah satu warga binaannya yang kedapatan sedang mengolah sagu di Kampung Sawara Jaya Sp 6, Distrik Waropen Bawah, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Rabu (27/9/2023).

Babinsa mengatakan bahwa sagu biasanya menjadi makanan khas bagi masyarakat diwilayah Timur Indonesia yang salah satunya adalah masyarakat Papua. Bahan makanan yang diolah dari bahan sagu tersebut sudah sepantasnya dilestarikan, karena pengolahannya masih menggunakan proses tradisional dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Proses pengolahannya pun tak semudah yang dibayangkan untuk menghasilkan sagu yang berkualitas tinggi, dan lokasi pengolahannya pun harus dekat dengan sumber air atau aliran sungai, sebab itulah kami hadir untuk bantu proses pengolahan sagu ini. Diharapkan dengan kehadiran Babinsa, dapat mempercepat proses pengolahan sagu,” ucap Koptu Zainal.

Karena Indonesia sangat banyak memiliki keragaman suku, agama, ras dan adat budaya, maka keberagaman inilah yang menjadikan Indonesia kaya, baik dari ketersediaan pangan dari alam itu sendiri, maupun dari hasil budidaya masyarakat.

“Sebab itulah sudah sepantasnyalah kita semua wajib untuk melestarikan bahan pangan sagu ini, agar tetap menjadi bahan pangan pokok tradisional yang baik dan sehat bagi seluruh warga, khususnya masyarakat Papua yang ada dikampung ini,” tambahnya.

Sementara itu, Bapak Domi Imbiri selaku pemilik lahan olahan sagu saat itu, mengaku sangat senang dengan kehadiran Babinsa untuk membantunya mengolah sagu tersebut.

“Kami senang dan bangga sekali karena Bapak Babinsa sudah hadir dan membantu kami mengolah sagu kali ini, untuk itu kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga atas kesediaan tenaga yang diberikan dalam proses olah sagu milik keluarga kami ini. Semoga Tuhan selalu memberkati,” imbuhnya sembari tersenyum.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Danramil 03/Legok Bersama Tiga Pilar Resmikan Kampung Tematik/Taman Digital Sayang Barudak Dan Halal Bi Halal

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Tigaraksa – Danramil 03/Legok Mayor Inf Jajang Munajat bersinergi bersama Tiga Pilar …