Publik Optimis Ganjar Pranowo Mendapat Banyak Dukungan Gen Z

Oleh : Ahmad Aziz 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Optimisme sangat kuat bahwa sosok Ganjar Pranowo pasti mendapatkan banyak sekalu dukungan dari para pemuda di berbagai kalangan dan juga berbagai latar belakang, termasuk dari generasi milenial hingga Gen Z dalam Pilpres 2024 mendatang.

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Inas Nasrullah mengatakan bahwa Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo memang sangat memiliki potensi yang besar untuk bisa meraup banyak sekali suara dari para pemuda di kalangan Generasi Z (Gen-Z).

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa optimisme tersebut datang, pasalnya memang selama ini sosok pemimpin yang identik dengan rmabut berwarna putihnya itu juga sering berkunjung dan datang secara langsung ke berbagai kampus di Indonesia. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan di kalangan kampus, maka sangatlah memungkinkan bagi pemimpin masa depan bangsa itu untuk bisa semakin berinteraksi dengan para mahasiswa untuk bisa mengampaikan gagasan dan idenya mengenai Indonesia mendatang.

Kemudian lantaran gaya berkomunikasi yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo sendiri memang sangat mampu untuk bersinggungan dan menarik banyak perhatian para pemuda dari berbagai kalangan lantaran menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami, sehingga interaksinya dengan para mahasiswa beserta Gen Z memang sangatlah cair.

Sama sekali tidak terjadi sekat antara pemimpin berusia 54 tahun tersebut dengan para pemilih pemuda termasuk kalangan generasi milenial dan juga Gen Z, bahkan mereka semua terlihat sangat menikmati dan mampu bertukar pikiran dengan hangat. Sehingga seluruh gagasan serta ide cemerlang yang dimilikinya mampu disampaikan dengan sangat baik melalui para mahasiswa, dan juga seluruhnya juga pasti akan bisa tersampaikan dengan baik pula kepada generasi milenial dan Gen Z lainnya.

Seringnya melakukan kunjungan ke berbagai kampus untuk melakukan sosialisasi, memang merupakan sebuah strategi yang sangat bak lantaran memang kampus sendiri merupakan salah satu ladang suara bagi seluruh kandidat Calon Presiden (Capres) yang akan melaju dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa kampus menjadi lahan dan kesempatan baik untuk bisa semakin meraup banyak suara dari kalangan pemuda. Pasalnya, di dalam kampus jumlah dari para pemuda generasi milenial dan juga Gen Z memang sangat banyak. Hal tersebut didukung dengan adanya data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa jumlah mahasiswa di Indonesia pada tahun 2023 saja mencapai hingga sebesar 7,8 juta orang. Sedangkan di sisi lain, untuk jumlah dari para Gen Z di Indonesia pada tahun 2023 terdapat sebanyak 60 juta jiwa.

Beberapa waktu lalu, Ganjar Pranowo sendiri hadir secara langsung untuk mengisi undangan Kuliah Kebangsaan yang bertemakan ‘Hendak ke Mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan’ di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI).

Dalam acara tersebut, terdapat sesi tanggapan yang dilakukan oleh para panelis yang terdiri dari para dosen dan juga mahasiswa. Kemudian dalam kesempatan tersebut, Pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu berbicara mengenai gagasan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dirinya juga berbicara mengenai kualitas pelayanan publik, kesehatan mental hingga bagaimana jalan menuju Indonesia Emas.

Ganjar Pranowo sendiri menyampaikan akan sangat pentingnya terdapat akses kepada seluruh masyarakat dari semua kalangan dan pihak terkait dengan kesehatan yang merata dan bisa dirasakan oleh semua. Termasuk juga mengenai bagaimana pelayanan akan kesehatan mentak yang lebih baik. Maka dari itu, harus ada perbakan pada sistem pendidikan kedokteran selama ini, serta dirinya juga berkomitmen untuk mendukung penuh akan industri kesehatan.

Lebih lanjut, Kader dari partai politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga menyoroti sangat pentingnya akan kesehatan mental dan juga danya pendampingan dalam hal tersebut. Pasalnya, dirinya merasa bahwa isu akan kesehatan mental sendiri masih sering diabaikan oleh banyak pihak dan cenderung dianggap sepele, padahal isu itu merupakan sebuah hal yang seharusnya bisa ditangani dengan serius.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga mengatakan bahwa untuk bisa menghadapi adanya peningkatan akan bonus demografi yang terjadi di Tanah Air mendatang, maka Indonesia perlu untuk melakukan transformasi dalam 6 (enam) pilar strategis. Beberapa diantaranya adalah mencakup sektor pangan, penegakan hukum, lingkungan, energi, digital, pendidikan serta keterampilan.

Dengan bagaimana kedekatan dan juga gaya komunikasinya, serta setrategi yang selama ini dilakukan oleh Ganjar Pranowo, yakni dengan aktif datang ke berbagai kampus dalam melaksanakan sosialisasi serta menyampaikan gagasan hingga idenya terkait Indonesia mendatang, menjadi tidak heran mengapa para pemuda dari generasi milenial dan juga Gen Z banyak sekali yang memberikan dukungan penuh kepada sosoknya.

 Penulis adalah kontributor Forum Literasi Minangkabau

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Program AMANAH Fasilitasi Maksimal UMKM Aceh Lewat Pemberdayaan Pemuda

Oleh : Marwah Zakiyati  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan …