Rekam Jejak Ganjar-Mahfud Luar Biasa, Elemen Masyarakat Sumbar Beri Dukungan Penuh

Oleh : Mohammad Attar 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 di Pilpres 2024 terus mendapatkan banyak dukungan dari lintas elemen masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Tak heran, sebab kedua figur tersebut memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam kepemimpinannya.

Pemilihan Umum (Pemilu) yang nantinya akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang sudah di depan mata. Ajang ini yang nantinya akan mempertaruhkan negara Indonesia bagaimana kedepannya selama lima tahun mendatang. Berkaca di Pemilu sebelum-sebelumnya, usia dari pemilih itu sendiri acak atau tidak tentu, namun untuk Pemilu 2024 mendatang menjadi lebih istimewa karena mayoritas pemilih berasal dari golongan anak muda atau pemilih pemula.

Mayoritas pemilih di Pemilu Pilpres 2024 mendatang dikuasai oleh generasi milenial, Gen Z dan kalangan anak muda. Tentunya mereka memiliki penilaian sendiri dan harus cerdas untuk memilih pasangan calon yang akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden, serta pemimpin daerah lainnya.

Sudah saatnya Pemilu 2024 menyongsong calon pemimpin yang beradu gagasan untuk mensukseskan Indonesia emas 2045. Bukan hanya gagasan saja, namun realisasi dan janji yang harus dituntaskan untuk menyongsong Indonesia menjadi negara maju.

Dewasa ini, terdapat sekelompok pemuda yang begitu peduli mengenai pemilu 2024 menilai bahwa pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud merupakan calon pemimpin yang tepat untuk Indonesia, sehingga mereka memutuskan untuk mendukungya.

Dukungan tersebut datang dari berbagai daerah yang tergabung dalam Orang Muda Ganjar (OMG) di Sumatera Barat (Sumbar). Mereka merupakan sukarelawan muda untuk mendukung Ganjar-Mahfud MD melalui kegiatan positif. Selain berkomitmen untuk menegakkan hukum di Indonesia, kandidat yang dijuluki GAMA itu juga berkomitmen dalam pelestarian lingkungan.

Berbicara mengenai pelestarian lingkungan, pengamat politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariadi turut memberikan apresiasi tertinggi kepada pasangan Ganjar-Mahfud (GAMA). Sebab, mereka adalah satu-satunya pasangan yang unggul untuk berkomitmen dalam mengurangi gas emisi ruma kaca dibanding kandidat lain.

Berlatar belakang hal tersebut, OMG Sumbar melakukan kegiatan penanaman bibit mangrove yang dilaksanakan di Talao Apar Pantai Penyu, Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara. Koordinator Wilayah (Korwil) OMG Sumatera Barat, Muhammad Fajri mengakui bahwa sosok GP merupakan pemimpin yang dianggap peduli terhadap lingkungan dan membuat mereka terinspirasi.

Vika Tri Rizkita, selaku peserta mengatakan bahwa dirinya merasa senang lantaran melakukan kegiatan yang berguna dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, khususnya untuk keberlangsungan lingkungannya. Selain itu, Vika juga menambahkan bahwasanya kegiatan yang seperti ini harus konsisten guna untuk melestarikan keberlangsungan ekosistem lingkungan di daerah pantai.

Hal tersebut rupanya memang sejalan dengan visi dan misi pasangan Ganjar-Mahfud mengenai fokusnya dalam pelestarian lingkungan, dengan berkomitmen untuk memelihara hutan, mengurangi polusi udara dari emisi kendaraan dan industri.

Bukan hanya itu saja, mereka juga berkomitmen untuk melakukan pembatasan penggunaan plastik dan melakukan transisi energi menuju net zero emission. Semuanya mencakup moratorium deforestasi, percepatan refortasi, restorasi, reboisasi, dan rehabilitasi. Sementara, Fajri meyakini bahwa memang sosok GP peduli dengan lingungan dan nantinya bisa menjaga keindahan Indonesia.

Kalangan milenial lainnya berasal dari santri yang ada di wilayah mbar. Ketua Pergerakan Milenial Minang (PMM) Sumbar, Fikri Haldi mewakili para santri mengatakan bahwa sosok Mahfud MD, wakil Ganjar Pranowo memiliki pengalaman yang hebat, khususnya di bidang hukum yang sudah tidak diragukan lagi, terlebih sosok dengan gelar profesor itu memiliki sikap berani dan berintegritas tinggi.

Fikri Haldi yang juga sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumbar mengatakan bahwa saat ini PMM memiliki struktur yang kuat di Sumbar. Bahkan, mereka mengajak santri, majelis taklim, hingga kelompok pemilih muslim kalangan milenial untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. Terlebih lagi kedua sosok capres dan cawapres nomor urut 3 itu sangat dekat dengan kalangan santri.

Terlepas dari kalangan muda di Sumbar, pasangan calon Ganjar-Mahfud juga mendapatkan dukungan yang luar biasa dari masyarakat Padang Pariaman, Sumbar. Mereka memiliki penilaian sendiri terhadap dua sosok tersebut. Ganjar Pranowo memiliki kewibawaan, kecakapan, dan karakter yang teguh di dalam dunia kepemimpinan.

Masyarakat desa setempat menilai bahwa pemimpin yang identik dengan rambut putihnya itu dapat memahami permasalahan desa. Iswandi sebagai perwakilan desa mengungkapkan bahwa Ganjar sangat mengerti mengenai kebutuhan desa. Selain itu, pengalaman dan keberhasilannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Mengenai rekam jejak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, diketahui keduanya memiliki pengalaman yang luar biasa menjadi pemimpin. Selain menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, Ganjar juga sempat bertugas menjadi anggota DPR RI hingga meloloskan regulasi terkait dengan perlindungan dan kesejahteraan desa.

Sementara itu, Mahfud MD sebagai wakilnya juga terlihat mentereng yakni sebagai Menteri Pertahanan, Ketua MK, Anggota DPR hingga Menteri Polhukam. Dengan segambreng pengalaman yang dimiliki oleh pasangan ini, tidak ada alasan bagi masyarakat Sumbar untuk tidak mendukungnya. Mereka berharap agar dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia hingga menuju Indonesia Emas 2045 mendatang.

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kabupaten Solok

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Perwira Muda TNI AD Persembahkan Perspektif Indonesia dalam Diskusi Panel Isu Strategis Kawasan Asia Tenggara di Seskoad Amerika Serikat

PORTALINDONEWS.COM, Forth Leavenworth – Mayor Inf Petrus Paramayudo Prabowo, salah satu dari tiga perwira muda …