Ganjar-Mahfud Pasangan Pemimpin Paling Ideal Tokoh Masyarakat Sumbar

Oleh : Abdul Aziz 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi dan para tokoh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menilai bahwa pasangan Ganjar-Mahfud merupakan pasangan pemimpin yang paling ideal.

Bagaimana tidak, pasalnya kedua tokoh bangsa itu dianggap sebagai pasangan duet yang memang mampu dengan sangat jelas untuk memaparkan berbagai macam program untuk memimpin Tanah Air selama lima tahun ke depan. Berbagai macam program unggulan mereka seperti diantaranya pada sektor pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan dan juga penegakan hukum, seluruhnya mampu disosialisasikan sangat baik hingga ke masyarakat akar rumput.

Lebih lanjut, pasangan calon (Paslon) nomor urut tiga itu juga dinilai memiliki dan selama ini telah menunjukkan bagaimana kualitas kepemimpinan mereka dengan sangat baik. Bahkan mereka juga mampu menjadikan diri sebagai pasangan pemimpin masa depan paling ideal untuk menahkodai bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Setidaknya terdapat beberapa ciri dari pemimpin yang ideal dan patut terus diberikan dukungan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Pertama adalah masyarakat harus bisa memilih pemimpin yang mampu memberikan solusi nyata akan adanya permasalahan yang dimiliki oleh warga.

Pemimpin ideal sangat diharapkan memiliki kemampuan untuk bisa mengambil keputusan yang krusial dan juga mencarikan solusi dari setiap permasalahan. Jika misalnya terdapat beberapa hal yang sulit, seorang pemimpin tersebut hendaknya harus mampu sangat tegas dalam menentukan dan bisa menghapus kecenderungannya dalam bersikap plin-plan.

Selain itu, pemimpin tersebut juga hendaknya harus bisa menghindari adanya kebiasaan untuk menghindar dari tanggung jawan, lantaran dirinya sebagai nahkoda memiliki tanggung jawab akan kepemimpinan dengan sangat besar untuk bisa membimbing tim yang dia pimpin menuju ke arah yang benar.

Seluruh ciri tersebut, menurut Tuan Guru Bajang sudah terlihat dan ada dalam diri Ganjar Pranowo maupun Mahfud MD, yang mana mereka terbukti mampu untuk mencarikan solusi atas berbagai masalah penyelesaian masalah yang ada dan dijumpai oleh masyarakat hingga kalangan bawah.

Ciri pemimpin ideal selanjutnya adalah mereka yang memiliki sikap positif dan rasa tanggung jawab besar. Tidak bisa dipungkiri pula bahwa sebagai seorang manusia biasa, pastinya akan masih membuat beberapa kesalahan. Akan tetapi jika sudah membuat kesalahan, hendaknya pemimpin yang baik mampu menghadapinya dengan gagah berani dan tidak anti dengan adanya kritik yang disampaikan oleh rakyatnya sendiri.

Sebaliknya, alih-alih menyalahkan pihak lain, namun pemimpin ideal tersebut hendaknya mampu untuk langsung melakukan penyelidikan pada seperti apa akar permasalahan untuk bisa memberikan sebuah tanggapan yang proporsional. Sehingga jika misalnya pemimpin tersebut melakukan kesalahan, maka hendaknya bisa mengakuinya kemudian meminta maaf serta melakukan perbaikan.

Pemimpin yang ideal juga merupakan sosok yang bisa terlibat dalam pekerjaan lapangan. Meski sebenarnya seorang pemimpin adalah mereka yang bergerak pada sektor manajerial, akan tetapi dirinya tidak bioleh merasa terlepas dari tugas-tugas atau pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh anak buahnya.

Justru untuk bisa menjadi sosok pemimpin yang dihormati oleh timnya, maka hendaknya bersedia turun langsung ke lapangan, bukan hanya sekedar memberikan perintah saja. Keterlibatan secara langsung dengan tanpa pamrih sama sekali akan menunjukkan bagaimana kualitas sejati yang dimiliki oleh seorang pemimpin tersebut.

Keseluruhan ciri itu ada pada sosok Ganjar-Mahfud yang disebut sebagai pasangan pemimpin paling ideal dan sudah sangat sesuai dengan apa yang selama ini dicari oleh warga di Sumatera Barat (Sumbar). Direktur Eksekutif Akademi Rumah Bangsa, Afrifan Eldo Yura mengungkapkan bahwa sosok Ganjar Pranowo dinilai oleh masyarakat Tanah Minang memiliki ciri tokoh, takah dan tageh sebagai seorang Presiden.

Sosok calon Presiden yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan itu memiliki karakter kepemimpinan yang memang sangat diinginkan oleh seluruh masyarakat di Sumbar. Terlebih, dirinya juga dikenal sangat dekat dengan rakyatnya. Selain itu, Ganjar Pranowo juga merupakan seorang yang sudah sangat teruji kepemimpinannya, baik itu sebagai Anggota DPR RI ataupun sebagai Gubernur di Jawa Tengah selama dua periode.

Pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih tersebut dikenal sangat cerdas, tegas, bersih serta memiliki visi dan misi yang sangat jelas mengenai bagaimana tata kelola pemerintahan di masa yang akan datang. Tidak cukup sampai di sana, namun suami Siti Atiqoh itu juga merupakan orang yang religius dan memiliki kedekatan spesial dengan para ulama.

Berbicara mengenai bagaimana kedekatannya dengan para ulama, hal tersebut jelas telah berhasil dilakukannya tatkala para ulama di Sumbar telah menyepakati satu suara secara bulat untuk mendukung penuh paslon nomor urut tiga itu.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh pasangan Ganjar-Mahfud, sehingga tidak mengherankan mengapa mereka dinilai sebagai sosok pasangan pemimpin yang paling ideal untuk bisa memimpin bangsa ini ke depannya, bahkan dukungan terus mengalir deras dari para tokoh masyarakat di Sumatera Barat.

Penulis adalah kontributor Forum Literasi Padang

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Komsos Babinsa Serka Kusnudin dalam Rangka Komunikasi Efektif Dua Arah

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Dalam rangka Komunikasi efektif dua arah yaitu pertukaran pesan …