Mukerda MUI Hasilkan Beberapa Program Dan Rekomendasi

Portalindonews.com, Bogor – Dengan tajuk “Memperkuat Tugas Himayah Dan Wiqoyah Terhadap Umat Dalam Menghadapi Tahun Politik 2024 di Kota Tangerang” Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang Menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) tahun 2023, bertempat di salah satu hotel di bilangan Kota Bogor, pada tanggal 30-31 Oktober 2023.

Ketua panitia penyelenggara, H Roghob Alfatiri M.Si., yang dalam hal ini di wakili oleh sekretaris panitia H. Misbakhul Munir MA., dalam sambutannya mengatakan bahwa
Mukerda ini dihadiri oleh seluruh dewan pertimbangan (Wantim), Dewan pimpinan, Komisi, dan ketua MUI kecamatan se Kota Tangerang serta para undangan.

Selanjutnya dengan jumlah peserta sekitar 160 orang, Mukerda MUI tahun 2023 telah menghasilkan beberapa program dan rekomendasi dengan sumber biaya dari dana hibah pemerintah Kota Tangerang.

Sementara Ketua Umum MUI Kota Tangerang, KH Ahmad Baijuri Khotib MA., dalam arahannya menyampaikan tugas MUI yang pertama adalah dakwah. Dimana bagaimana dakwah mengajak dan menjadikan umat dari yang tidak baik menjadi baik, dan dari yang kurang baik menjadi lebih baik
Kedua adalah fatwa, dimana Fatwa Ini adalah tugas MUI pusat, MUI Kabupaten/kota
Sifatnya hanya melanjutkan atau mempertegas fatwa yang sudah dibuat oleh MUI pusat.

Kemudian menurut Gus Bay, bahwa Dakwah MUI menggunakan manhaj washatiyah. Dimana Cara da’wah MUI manhaj adalah wasathi adalah mau menerima perbedaan-perbedaan yang ada.
Adapun ciri wasathi adalah: pertama menerima perbedaan, kedua tidak mudah menyalahkan org lain, ketiga bisa menerima kearifan lokal dalam dakwah

MUI sebagai khodimul ummat, pelayan umat bersama-sama pemerintah membangun umat dan membangun masyarakat , sebagai shodikul hukumah bersama pemerintah dalam melakukan Himayah (perlindungan, bimbingan, perhatian ) dan wiqoyah (penguatan) kepada masyarakat agar selamat dari aqidah yang merusak.
Dalam APBD tahun 2024 kita dorong pemerintah agar membangun sumber daya manusianya (SDM) dalam rangka mencerdaskan dengan penguatan ekonomi umat agar terlepas dari kemiskinan , menjaga umat dan membimbing mereka serta membawa mereka dari yang tidak layak menjadi layak.

Terakhir dengan menjaga dan membimbing masyarakat di Kota Tangerang dari politik yg memecah belah umat.
“Disini tugas kita menjadi agen dalam memberikan bimbingan dan pengayoman dari kelompok yg akan memecah belah umat,” pungkas Gus Bay.

Mukerda yang telah menghasilkan beberapa program dan rekomendasi, akan ditutup pada hari ini.***

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Dijadikan PSK di Panti Pijat Jambi Akibat Dijerat Utang 

PORTALINDONEWS.COM,  MERANGIN – Praktik perdagangan orang (TPPO) di sebuah panti pijat bernama Pijat Refleksi Tamira …