Tujuh Hal Mendasar Masyarakat Indonesia Tidak Memilih Salah Satu Dari Tiga Paslon Pilpres 2024.

Oleh: Emrus Sihombing

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Merujuk perjalanan reformasi sejak tahun 1998 hingga saat ini di Indonesia, Lembaga Gogo Bangun Negeri (GBN) yang didirikan oleh Dr. Emrus Sihombing melakukan kajian komunikasi politik yang holistik bahwa setidaknya ada tujuh hal mendasar bagi masyarakat Indonesia untuk kemungkinan tidak memilih salah satu dari tiga Paslon Pilpres 2024:

Pertama
Salah satu Anggota Paslon/Paslon yang dipersepsikan oleh masyarakat lebih menonjolkan program/menawarkan “ikan” bukan “pancing”.

Kedua
Salah satu Anggota Paslon/Paslon yang dipersepsikan oleh masyarakat punya jejak masa lalu yang “menghalalkan” politik identitas sempit (eksklusivitas) yang mengadudomba antar kelas atau antar golongan.

Ketiga
Salah satu Anggota Paslon/Paslon yang dipersepsikan oleh masyarakat berpotensi bertindak otoriter dan emosional yang meledak-ledak.

Empat
Salah satu Anggota Paslon/Paslon yang dipersepsikan oleh masyrakat berpotensi mengembalikan sistem pemerintahan Orde Baru (Orba) yang ororiter di Indonesia

Lima
Salah satu Anggota Paslon/Paslon yang dipersepsikan oleh masyarakat memiliki tingkat kecerdasan emosional lebih rendah dari dua Paslon lainnya.

Enam
Salah satu Anggota Paslon/Paslon yang dipersepsikan oleh masyarakat memiliki tingkat kecerdasan spiritual lebih rendah dari dua Paslon lainnya.

Tujuh
Salah satu Anggota Paslon/Paslon yang dipersepsikan oleh masyarakat memiliki tingkat kecerdasan intelektual lebih rendah dari dua Paslon lainnya.

Penulis adalah Komunikolog Indonesia

 

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Mendukung Penetapan Hasil Pemilu Cermin Kedewasaan Berdemokrasi

Oleh: Dhika Perwita  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan salah satu pilar …