273 Putra Terbaik Dilantik Pangdam IM Menjadi Sersan Dua TNI AD

PORTALINDONEWS.COM, JAKARTA – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan secara resmi menutup pendidikan pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD tahun 2021 (OV) di lapangan Blangpadang, Kota Banda Aceh, Jumat 11 Februari 2022.

Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara yakni Letkol Inf Wijayanto Kusumo Harjono, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sekolah calon Bintara Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Dansecaba Rindam IM).

Pada upacara penutupan tersebut, Pangdam IM melantik sebanyak 273 Bintara PK TNI AD dengan pangkat Sersan Dua (Serda) serta diambil Sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Jenderal bintang dua ini dalam amanatnya mengucapkan selamat kepada 273 orang mantan siswa Dikmaba TNI AD yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan tahap pertama.

Bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama pendidikan pembentukan ini, masih merupakan pengetahuan dan keterampilan dasar kemiliteran. 

“Jangan merasa puas diri apa yang telah dicapai. Ingat, tantangan dan tuntutan tugas TNI Angkatan Darat ke depan akan semakin berat dan kompleks, sehingga membutuhkan prajurit yang profesional dalam bidang tugasnya, berdisiplin tinggi, serta memiliki semangat pengabdian dan jiwa kejuangan yang tinggi,” tegas Pangdam IM.

Jenderal bintang dua ini meminta agar para mantan siswa Dikmaba PK bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi bagian dari solusi bukan bagian dari masalah.

“Prajurit di manapun bertugas harus bisa menjadi bagian dari solusi, bukan menjadi bagian dari masalah dan bermanfaat bagi masyarakat. Jadikan kehadiran kita ditunggu-tunggu oleh rakyat,” kata Pangdam IM dalam amanatnya.

Dikmaba TNI AD tahun 2021 kali pertama melaksanakan latihan bersama Polri. Selain itu, upacara penutupan Dikmaba TNI AD ini juga dilakukan kali pertama di lapangan Blangpadang Kota Banda Aceh.

“Ada 70 persen pemuda asal Aceh yang kami lantik hari ini, sehingga menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat Aceh dan orang tua yang datang menyaksikan upacara penutupan Dikmaba TNI AD di Blangpadang Kota Banda Aceh,” kata Pangdam IM.

Sesuai petunjuk dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, TNI Angkatan Darat (AD) akan membuka rekrutmen khusus bagi santri.

“Kodam Iskandar Muda akan merekrut santri-santri yang ada di Aceh sesuai ketentuan-ketentuan yang ada,” kata Pangdam IM.

Usai upacara selesai, Pangdam dan Wakapolda serta Ketua DPRA mempeusijuek mantan siswa Dikmaba TNI AD.

Selanjutnya, Pangdam didampingi Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda, Ny. Ririx Hasan memberikan penghargaan kepada Serda Teuku Aditia Maulida sebagai lulusan terbaik pertama bidang sikap perilaku, Serda Karma Wanda sebagai lulusan terbaik ilmu pengetahuan dan Serda Nuril Huda lulusan terbaik jasmani.

Acara tersebut juga diisi dengan kegiatan bakti sosial yakni Donor darah dan vaksinasi Covid-19 dan penampilan yel-yel yang dipersembahkan langsung oleh mantan prajurit siswa TNI AD.

Turut hadir, Kasdam IM, Irdam IM, Kapoksahli Pangdam IM, para Asisten Kasdam IM dan Kabalakdam IM, Wakil Ketua beserta pengurus Persit KCK Daerah Iskandar Muda, Danlanud SIM serta ribuan keluarga mantan prajurit siswa TNI AD.

Untuk diketahui selama kegiatan itu berlangsung tetap menerapkan Protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Dispenad)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Antisipasi Pohon Tumbang, Babinsa Serma Ery Hendrawan Monitoring Giat Pemangkasan Pohon

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Babinsa Serma Ery Hendrawan anggota Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/Jakarta …