Amphibious Poonton Bantu Gerak Maju Pasukan Latancab Kartika Yudha 2021

PORTALINDONEWS.COM, JAKARTA – Salah satu tugas pasukan Zeni Tempur (Zipur) dalam mendukung serangan dalam operasi tempur adalah membuka dan mempermudah gerak maju pasukan, baik personel maupun materiel beserta kendaraan tempurnya dari berbagai rintangan di medan. 

Salah satu rintangan yang menyulitkan gerakan adalah sungai atau parit lebar. Urusan mengatasi hal tersebut, pasukan Zipur diterjunkan untuk memasang Amphibious Poonton, seperti yang dilakukan Peleton Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur)-9 Satgasrat Brigif Raider-13/Galuh Kostrad pada Latihan Antar Kecabangan TNI AD TA 2021 Kartika Yudha di Puslatpur TNI AD, Martapura, OKU, Sumatera Selatan, Jumat (5/11/2021).

Dijelaskan Komandan Peleton Amphibious Ponton Lettu Czi M. Alam Palda, S.Tr.(Han), Poonton merupakan jembatan taktis militer yang menggabungkan media apung yang dideretkan membentuk jalur yang bisa dilewati manusia maupun kendaraan dengan bobot maksimum tertentu. Media tersebut bisa berupa perahu, tongkang atau drum/silider yang kedap air, di mana pada kedua ujung sistem pontoon, media apung terakhir ditambatkan dengan penambat sehingga keseluruhan badan jembatan tidak bergeser meski terkena arus sungai.

“Fungsi Amphibious Poonton dalam operasi militer adalah memudahkan gerak kendaraan tempur, terutama satuan bantuan tempur berupa seperti Tank Leopard, Rudal Atlas, Anoa maupun kendaraan pengangkut logistik untuk melewati rintangan alam berupa sungai atau ceruk yang dalam,” papar Lettu Alam Palda.

Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha, merupakan latihan terbesar TNI Angkatan Darat yang melibatkan seluruh kecabangan TNI AD untuk mendukung latihan pertempuran tingkat Brigade. (Dispenad)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Kembangkan Kualitas Pendidikan, AMN Manado Hadirkan Fasilitas Lengkap

Oleh : Henly Kaunang  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado menghadirkan …