Anjangsana Ke Warga, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Berikan Pengetahuan Pengolahan Buah Kelapa Di Perbatasan

PORTALINDONEWS.COM, Sambas, Kalbar – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melakukan anjangsana ke rumah warga dan membantu cara pengolahan buah kelapa usaha home industri di Dusun Sempadan, Desa Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Selasa (15/02/2022).

Dansatgas mengungkapkan 3 orang personel Pos Temajuk dipimpin Serda Rangga melakukan anjangsana ke rumah Bapak Tapa (46Th) yang mempunyai pekerjaan sehari-hari sebagai petani kelapa, dan dimasa pandemi Covid-19 ini penghasilannya sebagai petani kelapa menurun dikarenakan daya beli masyarakat menurun.

Personil Pos Temajuk melakukan anjangsana dengan membantu mengenalkan pengolahan kelapa yang tidak hanya di konsumsi air nya saja tetapi juga pengolahan buah kelapa dalam bentuk lain seperti kopra yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, ucap Dansatgas.

Kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang sangat penting, karena merupakan bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Untuk membuat kopra yang baik diperlukan kelapa yang telah berumur sekitar 300 hari dan memiliki berat sekitar 3-4 kg, terang Dansatgas.

“Tugas kami di perbatasan tidak hanya mengamankan perbatasan saja tetapi juga bisa menjadi manfaat dan solusi atas segala kesulitan masyarakat di sekitar pos,” ujar Dansatgas.

Terpisah Danpos Temajuk Letda Inf Baso Djufri mengatakan kegiatan anjangsana ini sebagai bentuk kepedulian Satgas Pamtas dalam melihat kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan pengetahuan baru yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomiannya.

“Kami mengajarkan kepada warga bahwa buah kelapa banyak manfaatnya salah satunya adalah mengolah buah kelapa menjadi kopra yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ujar Danpos.

Sementara itu bapak Tapa mengaku sangat senang atas pengetahuan yang diberikan oleh Satgas Pamtas mengenai pengolahan buah kelapa dalam bentuk lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Terima kasih bapak-bapak TNI selalu membantu kami disini, semoga pengetahuan yang diberikan menjadi ladang amal bagi bapak-bapak sekalian,” ucap Tapa (Pen Satgas Pamtas 643)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Pembangunan IKN Berkomitmen Bentuk Keharmonisan Manusia dan Alam

Oleh: Kila Diajeng  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pada tahun 2019, pemerintah mengumumkan rencana monumental …