Bhabinkamtibmas bersama Tiga Pilar Tamansari Melakukan Evakuasi terhadap ODGJ

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta Barat – Bhayangkara Pembina Keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) kel Mangga Besar Polsek Metro Tamansari, Aiptu Sumarno, bekerja sama dengan tiga pilar, melakukan evakuasi terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tengah mengamuk di Jl. Kebun Jeruk 5, RT 06 RW 04, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, Jumat, 15/9/2023.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Metro Tamansari Polres Metro Jakarta Barat Kompol Adhi Wananda mengatakan, Respon cepat ini dilakukan setelah mendapatkan aduan dari masyarakat adanya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tengah mengamuk

“Tindakan ini dilakukan dengan melakukan koordinasi petugas dari Departemen Sosial (Depsos) dan petugas P3 S Kodya Jakarta Barat ,” ujar Kompol Adhi Wananda saat dikonfirmasi, Jumat, 15/9/2023.

Dari data yang kami peroleh Pasien ODGJ tersebut berinisial SY berumur sekitar (43), dan dia tinggal bersama Ayahnya, di alamat Jl. Kebun Jeruk 5, RT 06 RW 04, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Informasi yang diterima bahwa yang bersangkutan SY telah mengamuk semalam dan bahkan melakukan kekerasan fisik terhadap Ayahnya yang mengakibatkan luka berdarah.

” Oleh karena itu kami segera bertindak cepat dengan berkordinasi dinas terkait untuk segera melakukan evakuasi terhadap yang bersangkutan,” ucapnya

Proses evakuasi ODGJ ini tidaklah mudah, karena SY telah mengunci diri dalam kamar dan memasang gembok pada pagar rumah mereka.

” Petugas terpaksa melakukan pembongkaran paksa pada gembok pagar tersebut,” terangnya

Selanjutnya, mereka mencoba untuk berkomunikasi dengan SY secara persuasif melalui pintu kamar.

” Alhamdulillah, usaha ini berhasil, dan SY akhirnya dapat diajak berkomunikasi, ” ujar Adhi

Selanjutnya, SY dibawa ke RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Grogol, Jakarta Barat, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Tindakan cepat dan koordinasi antara Bhabinkamtibmas, tiga pilar Tamansari, petugas Depsos, dan petugas P3 S Kodya Jakarta Barat dalam menangani situasi ini telah membantu mengatasi masalah ODGJ yang mengancam keamanan keluarga tersebut.

” Semoga SY mendapatkan perawatan yang dibutuhkan untuk pemulihan fisik dan mentalnya,” tutupnya

( Humas Polres Metro Jakarta Barat )

About Portalindonews

Check Also

Babinsa Koramil Matraman Perbaiki Tanggul Saluran Air

PORTALINDONEWS.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur – Babinsa Koramil 02/Matraman Sertu Dede Kurniawan, Sertu Nizam bersama Dinas …