Dankodiklatad Terima Paparan Danpuslatpur Tentang RGB Latihan Antar Kecabangan Batalyon Tim Pertempuran 516/Caraka Yudha

PORTALINDONEWS.COM, Baturaja – Latihan merupakan sebuah upaya pembinaan kemampuan dan kekuatan TNI AD untuk mewujudkan kesiapan operasional satuan yang pelaksanaannya diatur dalam kalender latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. menerima paparan Danpuslatpur Kodiklatad Brigjen TNI Judi Paragina Firdaus, M.Sc. tentang Rencana Garis Besar Latihan Antar Kecabangan Batalyon Tim Pertempuran 516/Caraka Yudha. Paparan dilaksanakan di titik tinjau Puslatpur Kodiklatad di sela-sela kegiatan Latancab BTP 13 “Kartika Yudha TA 2021”. Senin (15/11/2021).

Dalam paparannya Danpuslatpur menyampaikan latihan ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi serta sebagai kajian dan pengembangan hal-hal yang berkaitan dengan Operasi Militer Perang. 

Latihan YTP 516/ Caraka Yudha akan diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu Latihan Geladi Posko I pada tanggal 23 s.d. 25 November 2021 di Mako Yonif 516/CY diikuti oleh 122 pelaku dan tahap kedua yaitu drill tempur di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad pada tanggal 4 s.d. 14 Desember 2021 diikuti oleh 1.076 pelaku. Dalam latihan ini Yonif 516/CY akan diperkuat oleh satuan bantuan tempur dan satuan bantuan administrasi jajaran Kodam V/Brawijaya. Selain latihan tempur juga akan dilaksanakan serbuan teritorial di sekitar daerah latihan.

Setelah menerima paparan, Dankodiklatad selanjutnya mengecek kesiapan masing-masing kesenjataan yang akan melaksanakan latihan. Kepada para peserta paparan pun Dankodiklatad memberikan beberapa penekanan di antaranya agar pada seluruh proses latihan ini menghindari segala kerugian personel & materil atau zero accident. Tentunya ini menuntut kedisiplinan dan ketelitian mulai dari tahap perencanaan hingga pengakhirannya. Selain itu Dankodiklatad juga meminta keseriusan para pelatih dan penilai dalam melaksanakan perannya sehingga latihan akan menghasilkan prajurit yang profesional dan handal.

Setelah menerima penekanan dan masukan dari Dankodiklatad selanjutnya penyelenggara latihan akan menyempurnakan RGB demi terwujudnya latihan YTP 516/ Caraka Yudha yang memberi nilai manfaat bagi prajurit yang akan berlatih.

Turut mengikuti kegiatan paparan ini baik secara tatap muka maupun virtual yaitu Wadankodiklatad, Ir Kodiklatad, Pangdam V/Brw, para Danpussen Jajaran Kodiklatad atau yang mewakili, para Direktur Kodiklatad, Danpuslatpur Kodiklatad, Waaslat Kasad para Danpusdik jajaran Kodiklatad.

(Penerangan Kodiklatad)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Masyarakat Dukung Upaya Tegas Penanganan OPM di Papua

Oleh Josephine Ramandey  Editor:  Ida Bastian  Portalindonews.com – Penyerangan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap …