Dankodiklatad tinjau Latbakjatrat Terintegrasi Arhanud TA 2022

PORTALINDONEWS.COM, Lumajang – Latihan menembak senjata berat terintegrasi Arhanud TA. 2022 merupakan latihan puncak kecabangan Arhanud yang mengintegrasikan kemampuan tembak berbagai jenis Alutsista Arhanud dalam melaksanakan operasi pertahanan udara dalam Komando dan Pengendalian yang terintegrasi. Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. melaksanakan peninjauan sekaligus memberikan pengarahan kepada segenap penyelenggara dan pelaku Latbakjatrat Arhanud TA 2022 di Lapangan Tembak Air Weapon Range Pandanwangi . Selasa (29/3/2022).

Kegiatan Latbakjatrat yang diselenggarakan dari tanggal 24 s.d. 30 Maret 2022 dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan prajurit agar dapat mengadaptasikan perkembangan ancaman, perubahan doktrin, tuntutan inovasi dan dengan menerapkan prinsip zero accident. Selain menembak, kegiatan ini juga melatihkan PPKT Tingkat Kompi ke bawah, pemindahan administasi dan taktis dari home base ke daerah latihan, fungsi hanud terintegrasi, deteksi sasaran pesawat tempur dan penembakan sasaran drone. Terhitung 21 satuan Arhanud dan 31 pucuk/satbak mengikuti kegiatan ini. Sebagai tambahan latihan ini juga diikuti oleh Taruna Akademi Militer Kecabangan Arhanud dan siswa Dikjurba Pusdikarhanud.

Kegiatan hari ini juga dimanfaatkan untuk melaksanakan tembakan kehormatan dan penyematan brevet kehormatan master gunner oleh Danpussenarhanud Kodiklatad, Mayjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M. kepada beberapa pejabat TNI AD termasuk kepada Dankodiklatad. 

Bukan hanya untuk kalangan militer, latihan ini juga dapat disaksikan oleh masyarakat umum. Ini merupakan bentuk keterbukaan TNI AD yang dapat disaksikan oleh masyarakat baik dari hasil latihan yang berupa profesionalisme prajurit maupun dari kemampuan persenjataan yang dimiliki. Tidak hanya itu guna menjalin tali asih kepada masyarakat di sekitar daerah latihan, Dankodiklatad melaksanakan bakti sosial berupa pembagian 100 paket sembako.

Dalam pengarahannya kepada penyelenggara dan peserta latihan, Dankodiklatad menyampaikan kebanggaannya kepada prajurit Arhanud yang menunjukkan profesionalismenya dalam mengoperasikan persenjataan Arhanud yang terdiri dari berbagai jenis dan tahun produksi. “Latihan membiasakan prajurit mengoperasikan dan mengorganisasikan penggunaan senjata, maka dari itu tetap jaga semangat kalian untuk berlatih kapanpun dan dimanapun”, tegasnya.

Turut hadir Aslat Kasad, Kapuspalad, Danwing 2 Lanud Abd. Saleh, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang dan Bupati Lumajang.

(Penerangan Kodiklatad)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad Laksanakan Pengobatan Untuk Anak Papua

PORTALINDONEWS.COM, Intan Jaya – Tim Kesehatan Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad memberikan pelayanan kesehatan kepada …