Jabatan Danyonif 761/KA Diserahterimakan

PORTALINDONEWS.COM, Manokwari, kasuari18 – Jabatan Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 761/Kibibor Akinting diserahterimakan dari Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii kepada pejabat baru Letkol Inf Ronald Michael Patty melalui acara tradisi satuan yang dipimpin langsung Pangdam XVII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., di Warmare, Manokwari, Papua Barat, Selasa (6/7/2021).

Yonif 761/KA baru diresmikan tahun 2019 lalu sehingga Letkol Inf Misael merupakan pejabat pertama yang menjabat Danyonif 761/KA. Satuan ini merupakan pemukul Kodam XVIII/Kasuari yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan satuan manuver Kodam terutama dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Provinsi Papua Barat.

Pangdam mengatakan hadirnya Batalyon ini merupakan implementasi dari rencana strategis Kodam XVIII/Kasuari guna melengkapi organisasi dan satuan tempur Infanteri dalam rangka menghadapi potensi ancaman bersenjata yang mungkin muncul di wilayah Papua Barat.

“Dengan medan tempur hutan gunung dan dengan situasi geografis yang sangat luas kalian harus mempunyai kemampuan skill di bidang link, long, ring, petrol untuk bergerak patroli yang cukup jauh sesuai tugas pokok yonif mencari, mendekati, menghancurkan lawan atau musuh selain itu merebut, menguasai serta mempertahankan medan baik itu yang berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang besar,” ujarnya.

Pangdam juga mengingatkan kepada pejabat baru untuk selalu memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik dan taktik tempur prajurit dan satuan sesuai program dari Komando atas agar terwujud prajurit yang disiplin, tanggap, tanggon dan trengginas serta satuan yang selalu siap operasional yang tentunya harus berpedoman dengan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI serta Pancasila.

“Jaga keteguhan, kesucian dan keberanian serta semangat pantang menyerah sesuai arti lambang Satuan Kibibor Akinting, yaitu memiliki semangat, optimis dan kepercayaan serta kejayaan di medan tugas dan merupakan tempat bagi prajurit-prajurit yang memiliki kecerdasan dan keterampilan serta mampu bermanuver dimanapun berada,” ucap Pangdam.

Usai acara serah terima dilanjutkan peresmian serta peninjauan terhadap perumahan prajurit Yonif 761/KA oleh Pangdam. Turut Serta dalam kegiatan tersebut, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam, Kapoksahli Pangdam, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari, Dandim 1801/Manokwari, para prajurit Yonif 761/KA, Kapolres Manokwari, Bupati Manokwari, Kepala Distrik Warmare, Kepala Suku Meney, Duwin dan Dindey serta Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari beserta pengurus.

(Pendam XVIII/Ksr)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Personel Lengkap dan Torehkan Berbagai Prestasi Di Medan Operasi, Satgas 330 Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Dharma

PORTALINDONEWS.COM, Timika – Pangkoops TNI “Habema”, Brigjen TNI Lucky Avianto, S.I.P., M.Si. menyematkan secara simbolis …