Kasdam XII/Tpr Pimpin Tradisi Penerimaan Warga Baru Abit Diklapa I dan Abit Dikmaba

PORTALINDONEWS.COM, Kubu Raya, Selasa (15/6/21) – Dalam rangka meningkatkan militansi personel melalui pengoptimalan Bintal Fungsi Komando, Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., memimpin upacara tradisi Penerimaan Warga Baru Kodam XII/Tpr bertempat di lapangan Tugu Khatulistiwa, Makodam XII/Tpr. 

Tradisi penerimaan warga baru diikuti oleh 136 personel, yang terdiri dari 13 personel Abit Diklapa I TA. 2021 dan 133 personel Abit Dikmaba PK TNI AD TA. 2020. Tradisi penerimaan warga baru ditandai dengan pernyataan resmi penerimaan warga baru oleh Kasdam XII/Tpr dilanjutkan dengan pemasangan badge serta penyiraman air bunga serta pembacaan ikrar.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama mengatakan, acara tersebut merupakan metode dalam meningkatkan militansi personel melalui pengoptimalan Bintal Fungsi Komando, peningkatan peran sejarah dan peningkatan kedisiplinan personel Kodam XII/Tpr dalam rangka mewujudkan profesionalisme organisasi TNI AD. 

“Selain itu, untuk memelihara dan menumbuhkan jiwa korsa, kebanggaan dan kecintaan kepada Kodam XII/Tpr serta untuk memotivasi semangat juang Prajurit dalam rangka menumbuhkembangkan Patriotisme dan etos kerja, soliditas dan komitmen pengabdian prajurit kapan dan dimanapun bertugas,” kata Kasdam membacakan amanat Pangdam XII/Tpr.

Brigjen TNI Djaka Budhi Utama menegaskan kepada peserta tradisi, sebagai warga baru di lingkungan Kodam XII/Tpr harus memahami dan mampu mengamalkan Moto Kodam XII/Tpr yaitu, “Carathana Jitavina” yang berarti “Sekali Melangkah Pantang Menyerah”. 

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Moto tersebut yaitu: Pertama, tidak boleh salah. Kedua, keputusan harus cepat, tepat dan benar. Ketiga, berhasil dalam setiap pelaksanaan tugas apapun. Keempat, tidak mengenal lelah dan pantang gagal. Kelima, semangat yang membara dan tekad membaja. Keenam, selalu ada inisiatif dan solusi. Ketujuh, berbuat yang terbaik demi Satuan, Bangsa dan Negara. 

“Atas nama Pangdam XII/Tpr dan keluarga besar Kodam XII/Tpr saya mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kodam XII/Tpr. 

Tanamkan dalam diri kalian bahwa tugas di Kodam XII/Tpr ini merupakan suatu amanah,” ucap Kasdam menegaskan.

Mantan Waaspam Kasad berharap kepada warga baru untuk selalu memberikan pengabdian yang terbaik, dengan dilandasi tulus dan ikhlas serta penuh rasa tanggung jawab, karena apapun yang dilakukan dalam kaitan tugas, harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Segera sesuaikan diri dengan lingkungan khususnya tentang tugas dan tanggung jawab yang akan kalian emban selama melaksanakan tugas di lingkungan Kodam XII/Tpr. Tetap pedomani protokol kesehatan dalam setiap kegiatan selama Covid-19 belum berakhir, agar kalian terhindar dari penyebaran Covid-19. Sayangi diri, keluarga dan lingkungan,” pungkasnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Dandim Jayawijaya Hadiri Ibadah HUT Pekabaran Injil Ke-70 di Lembah Baliem

PORTALINDONEWS.COM, Wamena – Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip, S.H., M.H., turut serta menghadiri ibadah …