Korem 061/Sk Gelar Aksi Donor Darah Plasma Konvalesen dan Donor Darah Reguler

PORTALINDONEWS.COM, Bogor – Saat ini kebutuhan akan Darah dan plasma konvalesen di wilayah Kotav Bogor sangat tinggi. Oleh karena itu, Korem 061/SK ikut membantu persediaan darah reguler dan plasma Konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor.

Perlu diketahui bahwa Donor plasma konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas COVID-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien COVID-19 yang sedang dirawat. Dan syarat untuk mendonorkan plasma konvalesen adalah orang yang sudah sembuh dari COVID-19, Sehat bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh.

Dan lainnya lagi, Para penyintas yang telah memenuhi kriteria dapat menghubungi UDD PMI. Petugas akan mengatur waktu untuk pemeriksaan dan pengambilan sampel darah, jika memenuhi syarat, pengambilan donor plasma konvalesen akan dilakukan menggunakan metode apheresis. Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. kepada awak media usai mengikuti donor darah yang digelar di aula Makorem, Kamis (26/8).

Kemudian Danrem menjelaskan bahwa pelaksanaan aksi donor plasma konvalesen dan donor darah reguler yang digelar oleh Korem 061/Sk yaitu dalam rangka memperingati HUT Korem 061/Sk ke 72. 

Aksi ini tentunya untuk membantu PMI Kota Bogor dalam memenuhi ketersediaan darah, baik darah reguler maupun plasma Konvalesen. jumlah total pelaksanakan donor kali ini yaitu sebanyak 350 orang, yang mana itu terdiri dari 150 donor plasma Konvalesen dan 200 donor darah reguler.

” kita ketahui bahwa kebutuhan akan pendonor di kota Bogor untuk darah reguler yaitu sebanyak 3000 orang perbulannya. Kemudian untuk donor plasma Konvalesen kebutuhannya adalah 300 Orang. Makanya kita berusaha ikut berpartisipasi dan memberikan perhatian dan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat Kota Bogor. ” Ujar Danrem lagi.

Kemudian lanjutnya, bahwa 1 pendonor itu bisa membantu 100 orang atau 100 jiwa. dan jika hari ini kita bisa mencapai target 150, separuhnya saja atau misalnya 75 jika dikalikan 100 orang maka akan ada 7500 jiwa yang bisa dibantu. Plasma Konvalesen bisa diberikan kepada pasien penderita Covid-19 gejala berat. ” Kegiatan ini selain dalam rangka memperingati HUT Korem 061/SK ke 72 juga sesuai perintah Presiden maupun Panglima TNI untuk sama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19. Dan semoga saja semua ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan khususnya di masa pandemi Covid-19 ini,” jelasnya lagi.

Ketua PMI Kota Bogor H.Edgar Suratman SE.MM merespons pernyataan Danrem, Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Danrem atas Gagasan dan sumbangannya yang tiada henti, yang telah banyak membantu memenuhi ketersediaan darah reguler dan plasma Konvalesen. kebutuhan akan donor darah saat ini, baik donor darah reguler maupun plasma konvalesen, sangat tinggi. Akan tetapi stok darah yang ada di PMI masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

” Saya ucapkan terimakasih kepada Danrem yang sudah mendukung PMI dalam memenuhi kebutuhan akan darah, Semoga saja hari ini hasilnya maksimal, seperti yang disampaikan oleh Danrem bahwa kebutuhan akan Darah dikota Bogor mencapai tiga ribuan perbulannya bahkan lebih. Semoga saja kegiatan aksi donor Korem 061/SK dapat tercapai semaksimal mungkin.” Ucapnya.

Peserta pendonor kali ini yaitu dari TNI yang ada diantaranya Korem 061/SK, Yon 315/Grd, Yon 14 Kopassus, Pusdikzi dan Lanud Atang Sanjaya termasuk juga ormas yaitu Hipakad, GM.FKPPI, FKPPI dan pemuda Panca Marga serta melibatkan ibu-ibu Persit dari Korem dan juga Masyarakat sipil lainnya. Tambah Danrem.

Hadir pada kegiatan tersebut, para kasi rem dan juga Dandenkes Rs. Salak.

Sumber: Penrem 061/SK

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad Laksanakan Pengobatan Untuk Anak Papua

PORTALINDONEWS.COM, Intan Jaya – Tim Kesehatan Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad memberikan pelayanan kesehatan kepada …