Pangdam Kasuari Bekali Nilai-NIlai Kebangsaan Kepada 1.500 Bintara Afirmasi Otsus Polda Papua Barat

PORTALINDONEWS.COM, Manokwari, kasuari18 – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., memberikan pembekalan pembinaan dan latihan (Binlat) nilai-nilai kebangsaan kepada 1.500 Bintara Afirmasi Otsus Polda Papua Barat TA. 2021, di aula Arfak Convention Hall Polda Papua Barat, Manokwari, Rabu (12/1/2022).

Bintara Afirmasi Otsus Polda Papua Barat TA. 2021 merupakan program kerjasama antara Kepolisian Republik Iodonesia (Polri) dan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam menyediakan personel Bintara Polri bagi Orang Asli Papua (OAP) tahun anggaran 2021 lalu.

Sebanyak 1.500 putra terbaik Papua tersebut telah menjalani pendidikan baik pendidikan dasar maupun kecabangan sehingga mereka siap untuk berdinas di satuan masing-masing.

Dihadapan para Peserta, Pangdam menegaskan bahwa untuk membangun suatu bangsa terdapat tiga persyaratan.

“Yang pertama membangun Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur dan regulasi atau aturan. Namun yang terpenting adalah Sumber Daya Manusia karena apabila SDM bagus maka kita tidak akan tertinggal oleh daerah lain,” ucapnya.

Pangdam menambahkan, ia bangga dan terharu dengan telah lahirnya para pemuda-pemuda terbaik, terpilih asal Papua melalui jalur Otsus baik itu di TNI dan Kepolisian saat ini.

“Kalian sebagai agen perubahan, putra pilihan telah dipercaya maka jangan ciderai, hianati dan sia-siakan kepercayaan pimpinan tersebut untuk itu mari kita syukuri apa yang telah diberikan kepada kita saat ini”.

“Papua adalah warisan dari para leluhur pendiri bangsa oleh karena itu mari kita selamatkan dan jaga Papua ini. Tugas kita sebagai anak-anak bangsa adalah menjaganya,” kata Pangdam.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Kapolda Papua Barat, Wakil Ketua DPR Papua Barat dan Ketua MRP-Papua Barat.

(Pendam XVIII/Ksr)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Tokoh Agama Ajak Elemen Masyarakat Jaga Perdamaian Pasca Pemilu

Oleh : Miya Dewi  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pemilihan umum atau Pemilu merupakan salah …