Satgas TMMD Kodim 1307/Poso Gelar Penyuluhan Tentang Bahaya Radikalisme dan Terorisme di Desa Uekambuno

Portalindonews.com, Kodim Poso, – Desa Uekambuno, Kecamatan Ulubongka – Minggu, 19 Mei 2024, Satgas TMMD Ke-120 Kodim 1307/Poso mengadakan kegiatan penyuluhan mengenai bahaya radikalisme dan terorisme di Kantor Desa Uekambuno. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Dandim 1307/Poso yang diwakili oleh Danramil 1307-10/Lore Utara Kapten Inf Moh Jabir, Kapolsek Ulubongka AKP Akus Habibi, Kanit Binmas Polsek Ulubongka Aipda Munif yang bertindak sebagai narasumber, Kepala Desa Uekambuno Bapak Abu Bakar, dan masyarakat setempat.

Kapten Inf Moh Jabir, yang mewakili Dandim 1307/Poso, menjelaskan bahwa tujuan utama dari penyuluhan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mencegah masuknya paham-paham radikalisme sejak dini. “Paham radikalisme bertentangan dengan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pencegahan dini sangat penting untuk menjaga keharmonisan dan keamanan di lingkungan kita,” ujarnya.

Kapolsek Ulubongka, AKP Akus Habibi, dalam sambutannya mengimbau agar warga meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan terhadap orang asing yang masuk ke wilayah mereka. “Deteksi dan pencegahan dini sangat penting. Warga harus waspada terhadap oknum yang mungkin memiliki niat buruk, termasuk menyebarkan paham radikal atau melakukan aksi teror,” tegasnya.

Selain itu, AKP Akus Habibi juga menekankan pentingnya menggalakkan kembali ronda malam di pos-pos kamling. “Kegiatan ronda malam tidak hanya membantu menjaga keamanan lingkungan, tetapi juga mempererat komunikasi dan kebersamaan antar warga,” tambahnya.

Aipda Munif, sebagai narasumber, memberikan materi yang menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat terhadap situasi lingkungan sekitar mereka. Ia menekankan bahwa kurangnya kepekaan terhadap lingkungan dapat menjadi celah bagi aksi terorisme, seperti yang telah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Acara penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat Desa Uekambuno terhadap bahaya radikalisme dan terorisme, serta mendorong mereka untuk aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.(Pendim_1307)

About Portalindonews

Check Also

Warga Tersenyum Bahagia Saat Di Bagi Puluhan Pakaian

PORTALINDONEWS.COM | Pegunungan Bintang – Membantu kesulitan warga di wilayah perbatasan untuk memenuhi kebutuhan sandang …