Wakasad Soroti Urgensi Sasaran Non Fisik Bagi Masyarakat di Lokasi TMMD

PORTALINDONEWS.COM, TAPIN – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto menyoroti tentang urgensi pelaksanaan sasaran non fisik dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bagi masyarakat sekitar desa yang menjadi target TMMD. Itulah mengapa Satgas TMMD bersama pemerintah daerah, tak cukup bila hanya melaksanakan pembangunan fisik atau perbaikan infrastruktur dan fasilitas publik yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wakasad kala menutup secara resmi TMMD ke-118 Kodim 1010/Tapin di Desa Kembang Habang Lama, Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (19/10/2023). 

“Sasaran kegiatan non fisik ini juga sangat penting dan dibutuhkan dalam rangka membangun SDM dan memperkokoh jiwa, serta semangat nasionalisme masyarakat sekitar. Kegiatan non fisik lainnya seperti mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan stunting dan tentang percepatan pembangunan daerah,“ ujar Wakasad dalam sambutannya. 

Sebagaimana diketahui, pembangunan fisik TMMD meliputi pembangunan sarana transportasi berupa jalan baru, jalan makadam, rabat jalan, rehabilitasi jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, penimbunan, pelebaran, dan pengerasan jalan, serta pembangunan infrastruktur lainnya. Sementara program non fisik TMMD umumnya berupa penyuluhan kepada masyarakat, baik tentang bela negara, ketahanan nasional, stunting, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), dan materi bidang lainnya sesuai kebutuhan di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Wakasad juga mengungkap bahwa kegiatan TMMD yang dilaksanakan dari tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2023 ini merupakan program lintas sektoral yang diprakarsai oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait, serta seluruh komponen masyarakat. Adapun tujuannya yaitu mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat, khususnya di wilayah 3T (Terpencil, Terisolir dan Terluar).

Atas pelaksanaan TMMD di wilayah Tapin, Wakasad yang mewakili Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemda dan instansi jajarannya, TNI/Polri, dan LSM, serta seluruh masyarakat yang turut membantu pelaksanaan kegiatan TMMD. Khususnya kepada seluruh personel Satgas TMMD yang telah bekerja keras hingga berhasil mencapai target yang ditentukan.

Usai menutup secara resmi TMMD di Tapin, Wakasad menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) hasil program TMMD ke-118 kepada Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Wakasad juga menyempatkan diri meninjau lokasi rehab masjid, meresmikan jalan hasil TMMD, serta menyerahkan kunci rumah hasil bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) secara simbolis. *(Dispenad)*

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

BIN Perkuat Pilar Ekonomi Masyarakat Aceh Melalui Program AMANAH

Oleh : Teuku Reza Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Badan Intelijen Negara (BIN) terus memperkuat …