Dengan Sigap, Babinsa Koramil Serui Tinjau Rumah Warga Yang Terendam Banjir

PORTALINDONEWS.COM, Yapen ~ Personel Babinsa Koramil 1709-01/Serui Kodim 1709/Yawa Serka Burhan,Praka Cecep dan Praka Romelus meninjau dan memonitoring langsung Lokasi Pemukiman Warga yang terendam banjir di Kampung Ariepi I, Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Rabu (5/6/2024).

Banjir tersebut disebabkan debit air yang mengalami kenaikan akibat curah hujan yang cukup deras sehingga menyebabkan Sungai Manawati meluap di yang lokasinya tepat di belakang pemukiman warga hingga menyebabkan ketinggian air mencapai ± 50 cm dan air akan berangsur-angsur surut bila tidak diguyur hujan lagi.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa mengecek rumah warga yang terendam, mengecek debit air yang meluap sampe kejalan dan merendam rumah warga.

Tindakan yang dilakukan Babinsa menyampaikan kepada Pemerintah Desa untuk berkoordinasi dan melaporkan secara berlanjut tentang perkembangan keadaan wilayahnya agar ditindak lanjuti dalam antisipasi dan penanggulangan Bencana Banjir.

Melakukan pendataan warga yang rumahnya terendam air dan upaya cepat dalam penanggulangan apabila berpotensi luapan air semakin tinggi agar warga yang rumahnya terendam bisa mengungsi kerumah kerabat ataupun tempat yang lebih tinggi terlebih dahulu.

“Setelah diguyur hujan yang cukup deras maka air Sungai Manawati meluap yang mengakibatkan banjir dan saya juga mengingatkan kepada warga agar terus waspada mengingat musim hujan yang dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan yang lebih dalam,” imbuh Babinsa.

Di perkirakan lokasi rumah warga yang terendam banjir sebanyak 25 rumah penduduk yang berada di wilayah Kampung Ariepi I.

Babinsa juga menghimbau anak-anak untuk tidak bermain ataupun berenang di sungai yang saat ini terjadi luapan yang cukup tinggi.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Waspada Demo Ditunggangi Provokator, UU Cipta Kerja Terbukti Lindungi Buruh

Oleh : Septian Dwi Ramadhan  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Elemen masyarakat diminta untuk selalu …