Kepala Daerah Bakal Paparkan Inovasi Unggulannya dalam Penilaian IGA 2023

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta- Presentasi kepala daerah merupakan salah satu tahapan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 yang diinisiasi Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pada tahapan tersebut kepala daerah bakal memaparkan inovasi unggulannya.

Sejalan dengan itu, Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo mengatakan, penetapan pemenang IGA 2023 salah satunya mengacu pada presentasi kepala daerah. Untuk itu, dia meminta pemerintah daerah (Pemda) serius menyampaikan inovasi unggulannya yang terdiri dari satu inovasi digital dan satu inovasi non digital. Kata dia, inovasi yang dipaparkan harus inovasi yang telah ditetapkan pada tahun 2021/2022 dan dilaporkan ke Kemendagri pada tahun penilaian 2023 dengan status terkirim.

Sementara itu, terkait penyaji materi presentasi, Yusharto mengatakan, hal tersebut dapat dilakukan oleh kepala daerah, wakil kepala daerah, maupun yang berstatus penjabat (Pj.) dan pelaksana tugas (Plt.) kepala daerah.

“Untuk penjabat atau pelaksana tugas kepala daerah apabila berhalangan pada saat presentasi dapat mendelegasikan kepada sekretaris daerah,” jelas Yusharto saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Presentasi Kepala Daerah Tahun 2023 dengan Pemerintah Daerah Nominator yang berlangsung secara hybrid dari Ruang Video Conference BSKDN pada Kamis, 21 September 2023.

Yusharto mengatakan, total waktu presentasi yang diberikan panitia hanya 30 menit, terbagi atas 15 menit sesi presentasi dan 15 menit sesi tanya jawab. Dia berpesan agar daerah memaksimalkan waktu yang telah diberikan dengan memberikan informasi terbaik atas keberhasilan penerapan inovasi terbaik di daerahnya.

Dalam ketentuan presentasi, Yusharto menjelaskan minimal daerah memaparkan satu inovasi bertemakan urusan wajib pelayanan dasar. Sementara itu, mengenai jumlah maksimal slide presentasi yang ditampilkan sebanyak 10 slide yang dilengkapi dengan bukti pendukung seperti dokumentasi foto atau video.

Yusharto menguraikan, presentasi kepala daerah akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan panitia yakni berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 25-27 September 2023. Presentasi berlangsung di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung A Lantai 3 Kemendagri dan Ruang Multimedia Gedung B Lantai 2 Kemendagri. Kegiatan pemaparan akan dilakukan secara hybrid dan bersifat teknis.

Pada hari pertama, Senin 25 September 2023, presentasi akan dilakukan secara paralel oleh 19 Pemda meliputi 9 provinsi, 5 daerah tertinggal dan 5 daerah perbatasan. Sementara itu, pada hari kedua Selasa 26 September 2023, presentasi paralel akan dilakukan oleh 25 Pemda meliputi 12 kabupaten dan 13 kota. Terakhir, pada Rabu 27 September 2023 sebanyak 9 kabupaten akan melakukan presentasi inovasi.

“Adapun tim yang diperkenankan mengakses ruang acara adalah satu orang presentator, satu orang pendamping, dan satu orang staf teknis,” tegasnya.***

About Portalindonews

Check Also

Berikan Semangat Bersekolah, Satgas Yonif 509 Kostrad Bagi-Bagi Keceriaan Untuk Anak-Anak Papua

Portalindonews.com, Intan Jaya – Sebagai wujud kepedulian terhadap tumbuh kembang anak-anak, Satgas Yonif 509 Kostrad …