Perhelatan National Cybersecurity Connect 2023 Sukses Digelar

PORTALINDONEWS.COM,  National Cybersecurity Connect 2023 kembali sukses digelar di Indonesia. Kegiatan akbar yang menghadirkan ratusan perusahaan di bidang Cybersecurity dari dalam maupun luar negeri ini merupakan ajang tahunan yang diprakarsai Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama dengan Naganaya Indonesia serta APTIKNAS.

Pada tahun yang kedua ini, National Cybersecurity Connect 2023 (NCC) berlangsung selama dua hari 25 – 26 Oktober 2023 di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta. Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen. TNI (Purn) Hinsa Siburian membuka NCC 2023 yang bertajuk “Get Ready to Face Future Cyber Threats”. 

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen. TNI (Purn) Hinsa Siburian yang diwakili Slamet Aji Pamungkas selaku Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN mengatakan, Event ini membantu sekali BSSN dalam percepatan program-program BSSN, salah satunya Jaga Ruang Siber. “Harapannya peserta NCC 2023 dapat membantu BSSN dalam menjaga ruang siber, yang dimulai dari diri sendiri. Di pagi hari ini saja ada sejumlah 3 juta anomali traffic yang memungkinkan serangan siber terjadi. Dan ternyata 3% dari 3 juta anomali traffic tersebut berubah menjadi serangan siber. BSSN akan selalu siap menerima laporan terkait kejahatan siber selama 24/7,” bebernya. 

Ia menambahkan, laporan yang diterima akan di tinjau dan juga di evaluasi kembali. 

“Jadi jangan ragu untuk melapor ke BSSN terkait kejahatan siber di Indonesia,” tegasnya.

NCC 2023 di sponsori oleh beberapa perusahaan solusi teknologi dan komunikasi, diantaranya Metrodata, Awan Pintar, Telin, Mitra Integrasi Informatika (Cisco), dan Alibaba Cloud (Blue Power Technology). Perusahaan-perusahaan ini turut meramaikan stand pameran pada rangkaian kegiatan National Cybersecurity Connect 2023 dengan menampilkan produk ataupun jasa solusi terkini terkait cybersecurity yang sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk menghadapi ancaman siber sekaligus menjaga dan mengamankan data penting perusahaan.

 “Cybersecurity merupakan salah satu pilar utama solusi digital Metrodata, yang mencakup layanan Identify, Protect, Detect, Respond, dan Recover. Ini menjadi bentuk komitmen Metrodata dalam melindungi masyarakat dan dunia bisnis dari ancaman kejahatan siber. Metrodata senang dapat berpartisipasi pada event ini. NCC 2023 kali ini menjadi wadah bagi para exhibitors yang siap menampilkan solusi teknologi terkini cybersecurity,” papar Lie Heng, Direktur PT Synnex Metrodata.

Lie Heng juga menyampaikan harapannya bahwa kolaborasi ini menjadi peluang pembelajaran bagi stakeholders, untuk bersama menciptakan lingkungan siber di Indonesia yang lebih aman dan andal di masa depan.

Bertepatan pada acara National Cybersecurity Connect 2023 ini, Buton Security meluncurkan produk Cyber Security Firewall FX-Series nya dengan berbagai integrasi teknologi mutakhir, layanan dukungan dan pengembangan lokal. Buton merupakan merek lokal yang di buat oleh PT Aplikasi Solusi Data Indonesia sebagai pengembangan solusi keamanan siber inovasi anak bangsa. Buton telah disertifikasi oleh Kementerian Perindustrian dengan nilai TKDN mencapai 60.51%.

Pada kesempatan yang sama, Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), salah satu organisasi pendukung utama NCC 2023, melalui Ketua Umum Soegiharto Santoso mengaku bangga menjadi bagian dalam upaya membangun literasi terkait kejahatan siber dalam rangka menghadapi ancaman dan bahaya serangan siber bagi data perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Kejadian bank BSI yang sempat mengalami serangan siber bisa menjadi tanda bahayanya serangan siber bagi pelaku usaha berskala besar, sehingga semua pihak harus lebih perhatian terhadap masalah Cybersecurity. Kami selalu mendukung penuh upaya BSSN melakukan literasi terkait kejahatan siber. Salah satunya melalui event akbar NCC 2023 ini,” ujar Hoky sapaan akrab pendiri LSP SDM TIK yang baru-baru ini mendapat surat rekomendasi dari BSSN sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Bidang Keamanan Siber yang telah memenuhi persyaratan penambahan ruang lingkup lisensi Junior Cybersecurity dan Cybersecury Analyst.

Sementara itu, pihak penyelenggaran PT Naganaya Indonesia menyatakan, tujuan utama pelaksanaan NCC 2023 ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia agar lebih aware terhadap kejahatan siber ataupun ancaman siber di kemudian hari. “Karena sangat penting bagi masyarakat Indonesia menjaga keamanan data terutama yang berhubungan dengan password ataupun PIN baik itu akun sosmed kita ataupun perbankan dan data lainnya,” tutur Aditya Adiguna, Direktur Utama Naganaya Indonesia. 

BSSN terus berupaya untuk melakukan literasi terkait kejahatan siber dan terus melakukan kampanye terkait pentingnya #JagaRuangSiber milik kita sendiri.

 

Tentang National Cybersecurity Connect

National Cybersecurity Connect merupakan acara yang dikhususkan untuk para stakeholder dalam membahas perihal pentingnya keamanan data, memberikan informasi terkini seputar kejahatan siber/ancaman siber dan juga menjadi tempat pembelajaran guna menambah wawasan baru seputar keamanan siber, digital, IoT, dan juga teknologi terkini.

National Cybersecurity Connect atau yang dikenal juga dengan nama NCC, di inisiasikan oleh BSSN bersama dengan Naganaya Indonesia pada tahun 2022, sampai dengan hari ini BSSN dan Naganaya terus berkomitmen dengan menkampanyekan tagar #JagaRuangSiber guna memberikan literasi keamanan siber pada masyarakat Indonesia.***.

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Kegiatan Rutin Babinsa, Serka Suharno Pantau Harga Sembako dan Situasi Keamanan Pasar

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Kembali PD Pasar Jaya Pecah Kulit  yang berlokasi di …