Perkuat Kebersamaan, Dandim 1708/BN Gelar Tradisi Barapen di Pulau Padaido

PORTALINDONEWS.COM | Biak – Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Dim 1708/BN, Ny. Marsen Sinaga, mengunjungi Kampung Inbeyomi, Distrik Kepulauan Padaido, Kabupaten Biak Numfor, Senin (9/9/2024).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan tradisi adat Barapen atau bakar batu, sebagai wujud kebersamaan antara TNI dan masyarakat setempat.

Kedatangan Dandim 1708/BN dan rombongannya disambut hangat oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama setempat. Serangkaian prosesi adat Biak dilakukan untuk menyambut tamu kehormatan ini, termasuk penanggalan tas noken, pemasangan mahkota, dan ritual injak piring.

Setelah prosesi adat, rombongan melanjutkan perjalanan menuju lapangan bola SMP Negeri 2 Padaido, diiringi oleh alunan musik tradisional dan tarian yospan yang dibawakan oleh Sanggar Tari Kampung Inbeyomi.

Pada kesempatan tersebut, Mananwir Kampung Inbeyomi Padaido Niko Sabaropen, menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Dandim dan rombongan ke Pulau Padaido.

Ia mengungkapkan harapannya agar Dandim dapat membantu masyarakat dalam memasarkan hasil kekayaan alam Pulau Padaido, seperti ikan dan kopra, ke kota-kota terdekat. Selain itu,

Mananwir juga mengajukan permohonan agar ada putra dan putri daerah yang bisa dibina menjadi anggota TNI maupun Polri di masa mendatang.

Menanggapi harapan tersebut, Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga menyampaikan rasa syukur atas keindahan alam Kepulauan Padaido serta keramahan masyarakatnya.

Dandim mengungkapkan rasa terkesan dengan sambutan hangat yang diberikan oleh masyarakat, terutama oleh anak-anak setempat.

“Saya tadi disambut oleh anak-anak kecil yang ganteng dan cantik. Ini menunjukkan bahwa alamnya indah, begitu juga dengan masyarakatnya yang baik. Saya sangat berterima kasih bisa bertemu dengan anak-anak serta masyarakat Kampung Inbeyomi,“ katanya.

Dandim juga memberikan dorongan kepada generasi muda Kampung Inbeyomi untuk mempersiapkan diri menjadi anggota TNI atau Polri. Ia menekankan pentingnya kesiapan fisik, kesehatan, dan kecerdasan untuk bergabung dalam dunia militer dan kepolisian.

Selain itu, Dandim 1708/BN berjanji akan menyampaikan kepada pemerintah daerah tentang pembangunan pos Babinsa di Kepulauan Padaido guna meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Letkol Marsen Sinaga juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kondusivitas menjelang Pilkada yang akan datang.

“Mari kita bersama-sama mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada dengan aman, damai, dan cerdas. Pilihlah kepala daerah yang sesuai dengan hati nurani masing-masing, agar pembangunan di daerah ini dapat berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Acara tersebut diakhiri dengan pembukaan tradisi Barapen oleh Dandim 1708/BN didampingi Ketua Persit KCK Cabang XXI DIM 1708/BN. Setelah itu, dilaksanakan acara makan bersama yang melibatkan seluruh masyarakat Kampung Inbeyomi. Anggota Kodim 1708/BN dan masyarakat secara bersama-sama menikmati hidangan berupa ubi, keladi, dan daging yang dimasak dalam tradisi Barapen dan kemudian dibagikan kepada seluruh peserta.

Sebagai penutup Dandim mengucapkan rasa senangnya bisa merasakan kebersamaan dan kekeluargaan dengan masyarakat Pulau Padaido melalui tradisi Barapen ini. Semoga keakraban ini dapat terus terjaga dan kita bisa saling bekerja sama dalam membangun daerah ini.

(Sumber Pendam XVII/Cenderawasih)

About Portalindonews

Check Also

Satu Dekade Pemerintahan Presiden Jokowi, Ekonomi Nasional Berdaya Tahan Kuat

Oleh: Nana Gunawan  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), …