RSUD Kota Tangerang Kembangkan Sistem PACS Dengan Scan Barcode Hasil Radiologi

PORTALINDONEWS.COM, Kota Tangerang – Minggu 29 okt 2023 Menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang optimal, mau tidak mau berbagai bidang mengalami reformasi baik dari segi sumber daya maupun sistem. 

Saat ini Rumah sakit Umum Daerah ( RSUD) Kota Tangerang sudah menerapkan sistem digital yang dilakukan pada berbagai bidang, termasuk pada pelayanan kesehatan di rumah sakit. 

Salah satu unit pelayanan pasien di rumah sakit yang sudah menggunakan sistem digital adalah pelayanan radiologi dengan teknologi Picture Archiving Communication System (PACS).

Menurut dr.Avrlia Ekawati Sp.Rad PACS merupakan sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak (jaringan) yang digunakan untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, mendistribusikan hasil pemeriksaan radiologi.

Dalam pelayanan radiologi di RSUD kota Tangerang untuk pemeriksaan CT Scan Abdomen,CT Scan Brain,CT Scan Thorax, sistem PACS didefiniskan sebagai sistem komunikasi dan penyimpanan data berupa gambar atau citra medis yang merupakan hasil dari pemeriksaan.

“Hal ini memungkinkan data untuk dikomunikasikan (ditampilkan) secara tepat, cepat dalam jangkauan yang luas serta bisa disimpan dalam jumlah banyak dalam jangka waktu lama”Ujar dr.Avrlia Ekawati Sp.Rad.

Lanjutnya, untuk kunjungan pasien pada pemeriksaan radiologi sekitar 2700 orang perbulan, dan untuk harian rata rata 100 orang.

“Yang paling banyak photo ronsen dada , dari poliknik dan poly poly,” Ujarnya.

Lanjutnya, untuk PACS ini sudah terintegrasi dengan sistem Dengan adanya PACS, Rekam medis elektronik di RSUD Kota Tangerang semakin lengkap karena hasil radiologi (foto rontgen, USG, MRI, dll) bisa tersimpan didalam sistem terintegrasi bersama catatan pasien.

“Manfaat lain yang dapat dilihat atas proses digitalisasi pelayanan radiologi adalah terkait produktivitas instalasi radiologi. Akibat alur kerja (work flow) lebih sederhana,” tambah dr.Avrlia Ekawati Sp.Rad.

Adopsi technology teleradiologi menjadi keuntungan sisi lain dari implementasi digitalisasi radiologi dengan integrasi PACS, Dokter ahli radiologi dapat melakukan interpretasi di tempat tinggalnya masing-masing. Pengembangan yang akan datang perlu juga dipikirkan agar dapat terintegrasi dengan system rujukan rumah sakit. sehingga apabila ada pasien yang dirujuk, maka data-data pemeriksaan di rumah sakit awal dapat dikirim, sehingga perawatan pasien lebih cepat, dan efisiensi (*)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Kegiatan Rutin Babinsa, Serka Suharno Pantau Harga Sembako dan Situasi Keamanan Pasar

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Kembali PD Pasar Jaya Pecah Kulit  yang berlokasi di …