Teknologi Banyak Berubah, Mendagri Dorong Pemda Ikuti Perkembangan Terbaru

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah (Pemda) mengikuti perkembangan teknologi terbaru seiring dengan perubahan Teknologi Informasi (TI) yang begitu cepat. Hal itu disampaikan Mendagri saat membuka acara Integrated Technology Event (ITE) 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan yang menghadirkan sebanyak 517 vendor dari dalam negeri maupun luar negeri tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintahan daerah dalam berbagai urusan berbasis teknologi digital. Selain itu juga untuk pengembangan smart city berbasis lingkungan yang tengah diprogramkan oleh pemerintah.

“Hari ini kita menghadiri Integrated Event of Exhibition. Ada namanya Indo Water, Indo Security, Smart City, Indo Renergy, tapi kalau defense lebih baik jangan Kemendagri, sudah ada Bapak Menhan, indo defense ini masif sebetulnya. (Forum) Ini lebih banyak Kemendagri bekerja sama dengan lebih banyak mengenai aspek pemerintahan dan yang berkaitan dengan pemerintahan daerah,” katanya.

Mendagri menyampaikan, ITE 2023 yang menghadirkan berbagai vendor profesional kali ini menjadi gambaran bagaimana teknologi informasi sangat berubah. Dia juga mendorong masyarakat agar turut adaptif dalam mengikuti semua perkembangan teknologi yang cepat. Dia mengungkapkan, TI selalu berubah karena inovasi yang terus berkembang. Hadirnya inovasi tersebut memungkinkan terjadinya pembaruan di bidang teknologi.

“Saya dapat informasi lebih kurang 500 sekian (peserta pameran), itu cukup bagus. Perlu waktu tiga hari untuk melihat satu per satu. Kalau untuk teman-teman kepala daerah sibuk mungkin tim teknisnya yang disuruh cek apa yang bermanfaat,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Mendagri, di beberapa daerah seperti Banyuwangi dan Sumedang telah melakukan berbagai inovasi dengan memberikan pelayanan berbasis digital. Bahkan ada juga teknologi yang mampu mempercepat waktu pelayanan seperti pembuatan akta kelahiran dan akta kematian. Selain itu, ada pula sistem yang dikembangkan untuk mengurangi korupsi.

“Untuk para potential users pemerintah maupun non-pemerintah manfaatkan betul forum ekshibisi ini untuk meng-update apa yang baru. Yang kira-kira bisa bermanfaat, dan lakukan transaksi untuk realisasi belanja juga bagus,” tandasnya.

Puspen Kemendagri

About Portalindonews

Check Also

BIN Perkuat Pilar Ekonomi Masyarakat Aceh Melalui Program AMANAH

Oleh : Teuku Reza Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Badan Intelijen Negara (BIN) terus memperkuat …