Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa Koramil Kota Bekali Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara Siswa-Siswi SMA TARUNA

PORTALINDONEWS.COM | Timika – Wawasan Kebangsaan merupakan suatu konsep yang berkaitan dengan kesadaran dan pemahaman mengenai jati diri bangsa serta nilai-nilai yang dimiliki oleh warga negara untuk mencapai tujuan nasional. Sebagai generasi penerus bangsa, perlu adanya pembekalan tentang wawasan kebangsaan guna meningkatkan rasa cinta tanah air sejak dini.

Menyikapi hal tersebut, pada kegiatan Binternya hari ini, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Sertu Tumpak Marpaung memberikan pembekalan Wasbang di luar ruangan kepada siswa-siswi SMA Taruna dengan tujuan agar mudah diterima pelajar SMA Taruna Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania, Kab. Mimika, Kamis (5/9/2024).

Pada kesempatan tersebut, Sertu Tumpak menjelaskan tentang betapa pentingnya meningkatkan Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda agar tertanam sejak dini pada diri mereka rasa Nasionalisme, bela negara, cinta tanah air, menjaga persatuan dan kesatuan serta semangat gotong royong dan saling menghormati antara yang satu dengan yang lain.

“Di masa kini kebanyakan para siswa-siswi banyak yang kurang paham dengan pengetahuan tentang bangsa dan negara sendiri, untuk itu perlu adanya diberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan seperti yang kami lakukan hari ini kepada para pelajar agar rasa Nasionalisme mereka timbul kembali,” ungkapnya.

Sertu Tumpak juga berpesan kepada para pelajar agar senantiasa menjaga nama baik sekolah, diri sendiri dan juga keluarga. Jangan mudah terjerumus kedalam hal-hal yang negatif, apalagi sampai kenal dengan narkoba, minuman keras dan pergaulan bebas yang sangat membahayakan diri dan masa depan mereka.

“Rajinlah beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, rajin belajar, dan tetap semangat dalam menimba ilmu agar dimasa depan dapat mewujudkan cita-cita dan impian kalian, yang akhirnya bisa membanggakan keluarga dan orang tua serta memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara,” pungkasnya.

Selain pembekalan materi Wasbang dan Belneg, para siswa-siswi SMA Taruna tersebut juga mendapatkan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dari Babinsa guna menumbuhkan sikap disiplin.

(Sumber Pendam XVII/Cenderawasih)

About Portalindonews

Check Also

Sehat Dan Peduli Lingkungan, Kodim 1708/BN Bersama SMA/SMK Gelar Jalan Santai Dan Aksi Bersih-bersih

PORTALINDONEWS.COM | Biak – Anggota Kodim 1708/BN turut berpartisipasi dalam kegiatan jalan santai dan aksi …