Di Puncak Harlah Satu Abad, PCNU Kota Tangerang Umumkan Pemenang Lomba

Kota Tangerang. Portalindonesw.com – Bertajuk “”Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru,” Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tangerang menggelar berbagai gelaran untuk menyemarakan Harlah satu abad, seperti; lomba membaca kitab kuning, mewarnai, Hadroh, dan Qosidah,  parade bendera, apel kebangsaan, gelaran seni budaya dan penampilan Pagar Nusa serta pameran dari berbagai produk UMKM. Resepsi satu abad PCNU Kota Tangerang ini berlangsung dua hari, Sabtu-Ahad/4-5 Februari 2023.

Salah satu rangkaian gelaran resepsi satu abad NU yang dihelat adalah perlombaan membaca kitab kuning Fathul Qorib. Puluhan Santri dari berbagai pesantren mengikuti lomba tersebut, yang dilaksanakan di Gedung PCNU Kota Tangernag, di Lapangan Ahmad Yani, Sabtu (4/2/2023).

Membaca kitab kuning adalah aktifitas sehari-hari para santri di pesantren, “Karena tradisi kita santri, sebagaimana aktifitas kita di Pesantren, perlombaan baca kitab kuning menjadi suatu keharusan untuk dilaksanakan,” kata Muhammad Wildan, Sekretaris Panitia.

Wildan, mengungkapkan merasa terharu atas antusias masyarakat dalam ikutserta perlombaan. Terutama dari Qasidah, Hadroh dan Kitab Kuning. Ia menyampaikan peserta banyak dari sekolah, madrasah majelis taklim, dan pondok pesantren.

“Saya merasa senang karena banyak yang antusias, bahkan, ada beberapa peserta yang dari luar Tangerang,” tutur Wildan yang juga Ketua Jamiiyatul Ruqyah Aswaja (JRA) Kota Tangerang.

Sebagaimana santri, kata Wildan, penampilan seni budaya seperti Hadroh, Qasidah, dan perlombaan baca kitab kuning perlu untuk digelar. Selain pentas perlombaan, hal tersebut juga untuk menjaring talenta baru dan menunjukkan bakat santri kepada masyarakat.

“Santri tidak hanya bisa baca kitab kuning, dengan Qasidah dan Hadroh sebagai salah satu budaya di kalangan santri harus ditampilkan,” tukas Wildan.

Kordinator lomba, Ulfa mengatakan bahwa hari ini seluruh pemenang lomba akan di umumkan dan akan diberikan hadiah berupa Piala dan uang pembinaan serta beberapa hadiah hiburan dari bebrapa sponsor.

Adapun juara-juara tersebut adalah;

Juara Lomba Kitab Kuning

  1. M. Rizki Fauzi (ponpes Al kamil Kab. Tangerang)
  2. Ahmad Riful Basyir (Ponpes Rothdotussalam Cimone Tangerang)
  3. Agustian Reza Alfajri (Ponpes Ar Rohmani Bogor)

Juara Lomba Hadroh

  1. Lathufatul Qolbi (neglasari)
  2. Natasyaffa’ulaik (cipondoh)
  3. Hadroh Nurul Iman (cibodas)

Juara lomba Mewarnai

  1. Aira
  2. Afiqah
  3. Annasya

Juara Harapan

  1. Gendis
  2. Sasaran
  3. Qeenaya

Juara lomba Qosidah

  1. JTV (Cibodas)
  2. Immatus Salam (Depok)
  3. NURUL JANNAH (p.kranji)

Juara Harapan

  1. BST (Ciledug)
  2. Mahmuda (Sumur Pacing)
  3. Al Izatun Nisa (Cimone)

Lomba-lomba yang digelar hari Sabtu berjalan dengan lancar dan aman, berkat kekompakan panitia lomba khususnya dan panitia lainnya, juga karena peserta lomba yang mengikuti aturan yang sudah dibuat.

“Alhamdulillah, semua lomba-lomba yang kami helat berjalan dengan lancar dan aman, hingga pada hari ini kami dapat mengumumkan para pemenang lomba, dan memberikan hadiah-hadiah yang kami sediakan. Semoga semua pemenang merasa puas dengan hasil yang dicapai, dan bagi yang belum terpilih (menang), ‘anggap ini adalah kesuksesan yang tertunda’,” tukas ulfa

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Babinsa Koramil 01/Tamansari bersama Jajaran Kelurahan Tangki Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Bertempat di Kantor Sekretariat RW 02 Kelurahan Tangki Jalan …