Indonesia Siap Sebagai Tuan Rumah KTT Ke-43 ASEAN

Portalindonews.com, Jakarta – Indonesia telah siap sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke – 43 di Jakarta. Sejumlah venue telah dilakukan renovasi dan persiapan yang matang. Hal itu dilakukan Indonesia sebagai wujud komitmen sebagai Ketua ASEAN 2023 yang dapat menjalankan amanahnya sebaik mungkin mulai dari penyiapan sarana prasarana perhelatan KTT ASEAN ke – 43 di Jakarta hingga strategi yang di siapkan untuk dapat menjadikan ASEAN sebagai oraganisasi regional yang memiliki andil dalam menjaga stabilitas Kawasan dan dunia.

KTT ke-43 ASEAN 2023 diselenggarakan pada 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Berdasarkan kalender nasional ASEAN 2023 sebagaimana dilansir laman resminya (asean2023.id), rangkaian agenda 43rd ASEAN Summit and Related Summits atau rangkaian acara KTT ke-43 ASEAN di Jakarta berlangsung selama 2-7 September 2023. KTT ke-43 ASEAN ini juga akan dihadiri sejumlah perwakilan dari berbagai negara, dari anggota ASEAN dan negara undangan lain.

Berbeda dengan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada bulan Mei lalu, KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada September mendatang tidak hanya dihadiri oleh para pemimpin negara anggota ASEAN saja, tetapi juga kepala negara/pemerintahan dari negara-negara mitra.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan 13 pertemuan bilateral dan memimpin 12 KTT dalam rangkaian penyelenggaraan KTT ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023.

“Pertemuan bilateral itu so far masih akan bertambah terus, (saat ini) sudah ada 13 pertemuan bilateral (yang terjadwal),” kata Menlu Retno.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan memimpin sejumlah acara yang bersifat non-persidangan, seperti pembukaan KTT-43 ASEAN di Jakarta, pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum, gala dinner, social events, serta upacara penutupan sekaligus penyerahan keketuaan ASEAN kepada Laos.

Retno menuturkan, selain pertemuan bilateral dengan negara-negara mitra, Presiden RI dijadwalkan memimpin 12 KTT yaitu sesi pleno, pertemuan informal, KTT ASEAN-China, KTT ASEAN-Korea Selatan, dan KTT ASEAN-Jepang.

Selain itu adalah KTT ASEAN-Amerika Serikat, KTT ASEAN-Kanada, KTT ASEAN-India, KTT ASEAN-Australia, KTT ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), KTT ASEAN Plus Tiga (China, Jepang, Korsel), serta KTT Asia Timur.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong mengatakan KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta pada 5-7 September mendatang itu akan dihadiri oleh 26 negara. Terdiri atas 10 negara anggota ASEAN dan beberapa negara undangan lain.

“KTT ASEAN ke-43 itu akan diikuti oleh 26 negara, selain negara-negara Asia Tenggara, beberapa negara akan bergabung dalam KTT ASEAN,” jelas Dirjen IKP Usman.

Di antara daftar negara yang akan hadir dalam KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta yaitu, Australia, Tiongkok, India, Jepang, Selandia Baru, Republik Korea (Korea Selatan), Federasi Rusia, Amerika Serikat, Kanada juga beberapa organisasi internasional misalnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Komsos Babinsa Serka Kusnudin dalam Rangka Komunikasi Efektif Dua Arah

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Dalam rangka Komunikasi efektif dua arah yaitu pertukaran pesan …