Jaga Amaliah Aswaja Dan Cinta Nabi, PC GP Ansor Kota Tangerang Akan Gelar Festival Maulid 2023  Akhir September

PORTALINDONEWS.COM, Kota Tangerang – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tangerang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tangerang yakni Dinas Pemuda dan Olahraga berencana akan menggelar Festival Maulid dari 27 September sampai 1 Oktober 2023, di Masjid Raya Al A’zhom dan Masjid Agung Al Ittihad Kota Tangerang.

Ketua PC GP Ansor Kota Tangerang, Ahmad Sudarto mengungkapkan, bahwa gelaran Festival Maulid kali ini merupakan bentuk dalam menjaga amaliah Ahlussunah wal Jama’ah juga sebagai bentuk ungkapan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

“Selain menjaga tradisi, ini juga bentuk ungkapan cinta kita atas momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan gembira,” jelas Kang Atho (panggilan Ahmad Sudarto).

Selanjutnya, kata Kang Atho bahwa Festival Maulid ini telah diselenggarakan selama empat tahun. Digelar di berbagai kecamatan, juga sebagai bentuk membumikan amaliah Ahlussunah wal Jama’ah di Kota Tangerang. Menebarkan Islam rahmatan lil ‘alamin di tanah yang mempunyai keragaman suku dan agama.

“Ini upaya kita dalam menjaga dan membumikan tradisi. Ditengah keberagamaan dan pluralitas masyarakat Kota Tangerang,” ungkap pria yang juga pengurus MUI Kota Tangerang.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang menjelaskan usai rapat persiapan Festival Maulid Kaonang, bahwa rapat ini untuk memastikan persiapan Festival Maulid agar perhelatan diharapkan dapat berlangsung dengan optimal dan menjadi bagian syiar Islam serta menggeliatkan sektor ekonomi utamanya usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Tangerang.

Mengenai pawai obor, sambung Kaonang, dalam kirab pembukaan Festival Maulid 2023 ini menggunakan obor elektrik. Tidak ada yang memakai obor api. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya polusi udara.

Festival Maulid ini menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Tangerang bersama GP Ansor. Pada tahun ini menjadi istimewa, Festival Maulid yang biasanya digelar di wilayah kecamatan, kini diselenggarakan di Masjid Raya Al A’zhom dan Masjid Agung Al Ittihad Kota Tangerang.

Disebutkan Kaonang, banyak pihak yang bergerak guna mendukung kesuksesan Festival Maulid 2023 ini. Di antaranya badan usaha milik daerah (BUMD), OPD, sekolah dan pondok pesantren serta masyarakat.

“Festival Maulid ini guna meningkatkan rasa kecintaan kita kepada Nabi Muhammad Rasulullah Sholallahu ‘Alayhi Wassalam. Semoga kita mendapatkan syafa’atnya sampai yaumil akhir,” terang Kaonang.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Festival Maulid 2023, Muarifin menuturkan, pada gelaran Festival Maulid ini akan diisi oleh berbagai rangkaian kegiatan, seperti tabligh akbar yang diisi oleh: Ustadz Hanan Attaki, Shalawat On The Road yang diisi oleh Gus Azmi, Veve Zulfikar dan Gambus El Mahbub.

“Akan ada banyak bintang tamu pengisi acara, ayo datang ke acara Festival Maulid, catat dan ramaikan,” ujarnya.

Selain itu, Festival Maulid ini juga akan diramaikan oleh pelaku bazar UMKM se-kota Tangerang. Dan juga Kirab Gunungan, Karnaval Perahu Maulid, Pawai Obor, Lomba Islami, Ka’bah Metaverse, dan Seminar Gerakan Haji Muda. Berbagai lomba ini akan dilaksanakan terpusat di sekitar masjid Raya Al A’zhom.

“Festival Maulid kali ini akan berlangsung sangat meriah. Kita harus senang dan gembira dalam menyambut bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Terakhir Muarifin berharap semoga Festival Maulid yang akan digelar akhir bulan September ini menjadi momen yang baik untuk  akhir masa bakti Walikota & Wakil Walikota Tangerang.

“kami Panitia Festival Maulid punya niat berbuat yang terbaik untuk mensukseskan dan memeriahkan kegiatan tersebut, sebagai wujud mahabbah kepada Rasulullah dan mudah-mudahan bisa menjadi hadiah indah buat bapak Walikota & Wakil Walikota diakhir masa baktinya,” pungkas Muarifin.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Personel Satgas Yonif 122/TS Meriahkan HUT Kabupaten Keerom Ke-21

PORTALINDONEWS.COM, Keerom ~ Dalam Rangka HUT Kabupaten Keerom ke 21 tahun, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan …