JIM PETERSON: Pemekaran Wilayah Papua Demi Percepatan Pembangunan Menuju Papua Maju, Damai Dan Sejahtera

 

Jakarta – Peneliti Papua dari Lesperssi, Jim Peterson, MA., M.Sos mengatakan bahwa Pemekaran provinsi dan kabupaten baru di Papua tepat untuk dilakukan karena sejumlah alasan mulai dari faktor sejarah, budaya, ekonomi dan pemerintahan. Hal tersebut dikatakannya dalam acara podcast yang diselenggarakan oleh salah satu media online nasional.

“Pertama kondisi geografis Papua sangat luas sekali. Kedua, kompleksitas dari kondisi geografis tersebut. Dan ketiga, melalui Pemekaran, Papua diharapkan mampu untuk memangkas birokrasi, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk didalamnya peningkatan pelayanan pendidikan kepada Orang Asli Papua”, ujar Jim.

“Bila dimekarkan menjadi 5 provinsi, maka persebaran penduduk dan jumlahnya menjadi berbeda. Hal ini akan mempermudah manajemen pelayanan publik kepada masyarakat Papua” tambah Jim.

Sebagai penutup ia menyimpulkan bahwa pemekaran propinsi di tanah Papua bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat asli Papua. Oleh karena itu seluruh stakeholder perlu untuk memberikan dukungan.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad Laksanakan Pengobatan Untuk Anak Papua

PORTALINDONEWS.COM, Intan Jaya – Tim Kesehatan Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad memberikan pelayanan kesehatan kepada …