MI Miftahussa’adah Sukseskan Vaksinasi Covid-19

 

KOTA TANGERANG – Demi suksesnya pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar madrasah Ibtidaiyah se Kota Tangerang. Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui Puskesmas Ketapang, Kecamatan Cipondoh. Menyisir vaksinasi ke madrasah-madrasah yang ada, salah satunya PKM mendatangi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahussa’adah, Cipondoh, Kota Tangerang,(27/12/21).
Tingginya animo orangtua murid dalam mendukung vaksinasi bagi anak-anaknya, terlihat saat orangtua mengijinkan dan bahkan mereka mendampingi putra-putrinya untuk di vaksinasi-covid 19 di Yayasan Miftahussa’adah Tangerang.
Kepala Puskesmas Ketapang, Cipondoh, dr. Muhamad lham yang memantau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut, didampingi tenaga medis lainnya, mengatakan bahwa akan segera merampungkan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun, bagi pelajar madrasah, sesuai arahan Walikota Tangerang dan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia.
“Alhamdulilah, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussa’adah berjalan lancar, dan target kita secepatnya merampungkan vaksinasi bagi pelajar MI dan SD di wilayah Puskesmas Ketapang,” jelas Ilham.
Ketua Yayasan Miftahussa’dah Tangerang, H. Ahmad Saifuddin HAS, S.Ag, MM sangat mendukung vaksinasi covid-19 di lingkungan lembaganya. menurutnya, vaksin dapat melindungi pelajar MI Miftahussa’adah terpapar Covid-19, juga memberikan keamanan saat melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Kemudian vaksin Covid-19 menjadi sesuatu yang penting, karena selain bermanfaat bagi diri sendiri juga bermanfaat bagi orang lain. Secara tidak langsung yang menerima vaksin, sudah turut menjaga lingkungan terdekat dari virus Covid-19.
“Saya berharap, pimpinan MI Miftahussa’adah, wali kelas dan dewan guru, dapat menginformasikan dan mengedukasi pelajar dan wali murid, agar aktif dan menyetujui putra-putrinya untuk di vaksin,” urainya.

Saifuddin tidak menampik, bahwa ada wali murid yang ragu anaknya untuk di vaksinasi, mereka beralasan takut berdampak buruk bagi Kesehatan anaknya pasca di vaksin. Ada juga yang masih percaya bahwa vaksin tidak halal dan belum teruji, Padahal, MUI telah mengeluarkan fatwa halal.
“Kami Di MUI Kota Tangerang, termasuk salah satu pengurus Dewan Pimpinan, selalu mensosialisasikan fatwa halal dari MUI Pusat, bahkan MUI-MUI kecamatan dihimbau untuk menjadi contoh dengan ikut vaksinasi di wilayahnya,” jelas Saifuddin.
Kepala Tata Usaha MI Miftahussa’adah, Hj. Nur Asiah Jamil, S.Ag bergerak cepat dalam mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi tersebut, mulai dari sosialisasi kepada pelajar, wali murid, dan wali kelas serta menjalankan tahapan-tahapan Juklak dan Juknisnya.
Kemudian karena keterbatasan waktu antara persiapan dengan pelaksanaannya, untuk itu pihak terkait ( Kadis Pendidikan dan Kepsek MTsN 2 kota Tangerang) menghubunginya karena ingin memastikan kesiapan madrasah yang dipimpinnya apakah sudah siap melaksanaan vaksinasi
“Terima kasih, ude diingetin, sampai kepala Dinas Pendidikan telpon, salut buat kepala Dinas, ape perhatian banget sama vaksin di madrasah, Kadis inget sama orang tuanya, yang mendedikasikan karir Pengawas di madrasah,” tutur Nur Asiah.
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar, ada tiga unsur yang terlibat. Yakni; sekolah, (mulai guru, wali kelas dan TU), kemudian Puskesmas (petugas vaksinator, screening, cek suhu dan tensi, observasi pasca vaksin.), selanjutnya unsur petugas dari Kelurahan Ketapang.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Pasiter Kodim 1702/Jayawijaya Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas Ke-79 Tahun 2024

Portalindonews.com, Wamena – Perwira seksi teritorial Kodim 1702/Jayawijaya Kapten Inf Nur Abdillah turut serta menghadiri …