Presiden Jokowi Pimpin Sejumlah Pertemuan di KTT ke-43 ASEAN

Portalindonews.com, Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 tengah berlangsung di Jakarta. Selain dihadiri oleh para pemimpin dari negara-negara Asia Tenggara, KTT ASEAN juga akan dihadiri negara mitra dan organisasi internasional. Sebagai tuan rumah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin 12 pertemuan KTT ASEAN 2023, mulai Selasa, 5-7 September 2023.

“Ada 12 pertemuan akan dipimpin Presiden Jokowi. Di antaranya adalah KTT Ke-43 ASEAN dalam format pleno (plenary), KTT Ke-43 ASEAN dalam format retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, dan KTT Ke-24 ASEAN-Korea Selatan,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI Sidharto R Suryodipuro.Sidharto juga menjelaskan KTT ke-43 ASEAN juga akan dihadiri sejumlah lembaga internasional. Menurut rencana, KTT Ke-43 akan mengundang IMF dan Bank Dunia (World Bank).

“Dan beberapa organisasi dunia yang lain. Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan memimpin sejumlah acara bersifat nonpersidangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pembukaan KTT ke-43 ASEAN, pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum, gala dinner, social events. Dan upacara penutupan, sekaligus penyerahan Keketuaan ASEAN kepada Laos.

Sebagai agenda pertama, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC). Setelah itu, Presiden Jokowi akan memimpin KTT ke-26 ASEAN-RRT yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Premier Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Qiang.

Presiden Jokowi juga akan memimpin KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan KTT ke-26 ASEAN-Jepang bersama dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi bersama dengan para pemimpin negara ASEAN diagendakan mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT). Pertemuan yang digelar di Ruang Cenderawasih 3 tersebut juga akan dihadiri oleh pemimpin negara RRT, Republik Korea, dan Jepang.

Presiden Jokowi juga diagendakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan para pemimpin negara akan mengikuti KTT ke-11 ASEAN-US yang juga diselenggarakan di Ruang Cenderawasih 3, JCC.

Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada akan digelar dengan dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau. Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama para pemimpin negara dan pendamping akan menghadiri jamuan santap malam dalam rangka KTT ke-43 ASEAN.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

BIN Perkuat Pilar Ekonomi Masyarakat Aceh Melalui Program AMANAH

Oleh : Teuku Reza Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Badan Intelijen Negara (BIN) terus memperkuat …