Semakin Kondusif, Tokoh Daerah Morowali Utara: Iklim Investasi Harus Dijaga

Morowali Utara, Portalindonews.com — Situasi di Morowali Utara terkini dikabarkan sangat kondusif setelah terjadinya kejadian bentrok antar para pekerja TKA dan TKI di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI). Para tokoh daerah di Morut berpesan supaya iklim investasi bisa terus dijaga dengan terus memastikan situasi yang damai di wilayah tersebut.

Tokoh Masyarakat Morowali Utara, Jabar Lahadji menjelaskan bahwa investasi memang sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal tersebut menurut Jabar dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat disekitar. Dirinya pun menyayangkan terjadinya insiden kerusuhan di PT GNI beberapa waktu lalu.

“Tentunya kita bersyukur adanya investasi masuk, karena itu akan membawa multi effect economy daerah,” katanya Senin (23/1)

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Morut itu menyarankan agar manajemen PT GNI terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari. Dirinya pun berharap agar manajemen terus membuka diri, termasuk kepada tokoh masyarakat hingga media

Sementara itu, Lurah Bahoue, Morowali Utara, Muh Syarih mendukung keberadaan PT GNI di wilayahnya. Menurutnya, PT GNI telah membuka lapangan kerja bagi warga Bahoue.

“Saya lihat keadaan sekarang, pemuda-pemuda yang tadinya sulit mendapatkan pekerjaan, dengan adanya perusahaan ini dapat sangat membantu dan mengurangi pengangguran”, ucapnya

Lurah Bahoue tersebut pun menyayangkan kejadian bentrok pekerja PT GNI yang sebelumnya terjadi. Menurutnya peristiwa itu bisa berakibat pada melambatnya ekonomi dan bertambahnya pengangguran.

Pada kesempatan lain, Lurah Kecamatan Petasia, M. Yamin Bagenda mengaku bahwa pihak Kepala Daerah dan juga seluruh masyarakat sangat menerima dan mendukung adanya PT GNI serta adanya investasi di wilayah tersebut.

“Kami dari Pemerintah Kelurahan Kolonodale bersama seluruh masyarakat di Kelurahan Kolonodale sangat menerima dan mendukung dengan adanya investasi tambang perusahaan PT GNI di wilayah kami,” katanya.

Bukan tanpa alasan, pasalnya keberadaan PT GNI memang sangat membantu perekonomian masyarakat.

“Karena dengan adanya perusahaan tambah GNI ini sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat seperti pasar, UMKM serta usaha-usaha lainnya,” lanjut M. Yamin.

Senada, Lurah Bahontula, Budi Tangko juga mengaku bahwa seluruh masyarakat sangatlah mendukung terciptanya iklim investasi di perusahaan nikel tersebut.

“Dengan hadirnya perusahaan PT GNI di Morowali Utara, kami selaku Pemerintah Kelurahan Bahontula bersama masyarakat kelurahan Bahontula sangat mendukung dengan hadirnya investasi PT GNI di Kabupaten Morowali Utara,” ujarnya.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Langgar HAM dan Lukai OAP, Tindakan OPM Identik Dengan ISIS

Oleh: Veronica Lokbere  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Aparat keamanan mencatat gangguan keamanan yang dilakukan …