Keberhasilan Penyelenggaraan AIPA Ke-44 Sepakati Wujudkan Pengembangan Ekonomi

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Sukamta, mengatakan Indonesia kembali sukes menyelenggarakan AIPA ke – 44. Dalam event tersebut, Indonesia juga berhasil mengangkat tiga topik yang menjadi pembahasan utama dalam komite sosial dan ekonomi.

“Dalam pembahasan pertama, Parlemen mendorong adanya pengembangan ekonomi yang sustainable dan bebas dari narkoba. Pembahasan kedua juga mengangkat isu green economy sebagai upaya untuk menjaga lingkungan. Sedangkan pembahasan ketiga berfokus pada peningkatan lapangan kerja bagi kelompok muda, sekaligus membantu orang-orang yang belum memiliki tempat tinggal. Kamis 10/8/2023.

Di sisi lain Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 Puan Maharani juga menyampaikan penyelenggaraan AIPA ke – 44 di Jakarta telah berhasil menyepakati sejumlah resolusi yang penting mulai dari ASEAN dijadikan episentrum pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan hingga peningkatan peran legislator muda serta legislator perempuan untuk bersama – sama membangun AIPA lebih maju lagi.

Resolusi – resolusi penting telah disepakati di AIPA ke – 44 di Jakarta sehingga dapat menjadi tonggak AIPA dapat lebih berperan di Kawasan sekaligus menjadi solusi dari berbagai isu dan masalah yang dihadapi negara – negara ASEAN, ujar Puan.

Hal senada juga di sampaikan oleh Ketua Desk Kerja Sama Regional BKSAP DPR Putu Supadma Rudana, di Jakarta. Dia berpendapat, Sidang Umum AIPA ini merupakan momen langka sekaligus momen berharga bagi DPR dan Indonesia. Dengan begitu, DPR RI membuktikan Parlemen Indonesia dapat berhasil memperkuat peran diplomasi parlemen di tengah-tengah munculnya berbagai tantangan kawasan.

“Dengan keberhasilan penyelenggaraan AIPA 2023, Indonesia dapat lebih membuktikan kepemimpinannya dalam berdiplomasi di dunia internasional khususnya para wakil rakyat Indonesia” pungkas Putu.

Disisi lain Putu Supadma juga mengingatkan kerjasama antar parlemen di ASEAN ini harus lebih ditingkatkan menyusul banyaknya isu – isu Kawasan yang harus masih diselesaikan sehingga dapat terus berkelanjutan.
Tidak mudah untuk para anggota Parlemen ASEAN menyepakati sejumlah resolusi, namun Parlemen Indonesia berhasil mendorong dan merealisasikannya melalui kerjasama yang konkrit sehingga nantinya AIPA akan semakin kuat lagi.

Diharapkan dengan keberhasilan kepemimpinan DPR RI dalam AIPA ini dapat menjadi bukti dan rujukan ataupun contoh bagi negara ASEAN lainnya.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Hadiah Terbaik Castrol Indonesia Untuk Pelanggan Setia Castrol

Portalindonews.com, Jakarta, 14 Juni 2024 – Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL …