Mengapresiasi Komitmen Pemerintah Tingkatkan SDM Papua Demi Kemajuan Rakyat

Oleh : Rita Marian 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Antusiasme masyarakat terhadap komitmen pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua merupakan langkah positif menuju kemajuan yang berkelanjutan bagi rakyatnya. upaya ini akan membawa manfaat yang nyata bagi penduduk Papua dan membantu menciptakan kondisi yang lebih baik untuk masa depan mereka.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pengembangan pendidikan formal, pendidikan nonformal, termasuk pendidikan vokasi terus dikembangkan di Tanah Papua. Dengan demikian, kualitas sumber daya manusia di Papua semakin meningkat.

Dalam meninjau perkembangan SDM di papua, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah sudah membuat keberpihakan pada peningkatan kualitas orang asli Papua. Peningkatan itu bisa dilakukan melalui pendidikan formal dan juga terus kita kembangkan pendidikan yang sifatnya nonformal, jadi melalui balai-balai pelatihan kerja.

SDM di Papua terus didorong baik melalui program pemerintah maupun bekerja sama dengan pihak swasta. Keterampilan spesifik juga dinilai penting untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil industri, peningkatan kopetensi dengan melatih keterampilan. sangat penting untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

SDM yang berkualitas berperan penting dalam mempersiapkan periode bonus demografi yang akan berkontribusi pada perekonomian, politik, dan peningkatan kesejahteraan bangsa. Pembentukan SDM yang berkualitas harus dimulai sejak dini dan tentu saja harus didukung oleh partisipasi aktif masyarakat itu sendiri.

Pemuda Papua harus berkontribusi dalam pembangunan SDM. Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri mengatakan agar para pemuda turut berkontribusi dalam setiap pembangunan SDM dan tidak lupa meningkatkan keterampilan dan keahlian potensi diri,

Dengan kuantitas SDM yang memadai pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat papua sebagai pembangunan SDM berkualitas demi kesejahteraan dan kemajuan rakyatnya.

Berbagai upaya pemerintah terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Direktur Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (Puskappi), Bobby Darmanto mengatakan dana otsus telah membangun jalan pikiran masyarakat Papua untuk memiliki kemampuan bersaing dengan masyarakat lainnya bahkan dengan internasional.

Semangat pemuda Papua sangat terlihat dari antuasiasnya untuk mendapatkan beasiswa belajar dari dana Otsus dan terbukti dengan banyak mahasiswa yang mendapatkannya serta berhasil masuk dinas kepolisian juga tentara

Selain itu, Melihat kompetensi yang dimiliki wilayah Papua, kekayaan sumber daya alam (SDA) di Papua akan dapat berdaya guna bagi kesejahteraan masyarakat Papua jika dikelola oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

Dalam upaya mempercepat pengembangan SDM Papua, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan tranformasi BLK Sorong menjadi pusat pengembangan kompetensi bagi putra-putra Papua agar dapat mengelola kekayaan SDA dan potensi daerahnya sendiri.

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong memiliki tata kelola yang lebih baik, program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja Papua, gedung dan sarana pelatihan yang memadai, SDM kepelatihan yang berkompeten serta kemitraan dan jaringan kerja yang semakin luas.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan Melalui transformasi ini juga Kemnaker melakukan revitalisasi infrastruktur pelatihan dengan membangun workshop baru, modernisasi peralatan pelatihan hingga meningkatkan kapasitas dan aksesabilitas pelatihan. Untuk meningkatkan daya jangkau pelatihan, Kemnaker juga akan membangun Balai Pelatihan Vokasi di seluruh provinsi di Papua dan workshop-workshop satelit di berbagai daerah strategis di Papua.

Langkah ini sangat penting untuk memeratakan akses pengembangan SDM sebagai bentuk kehadiran negara untuk memenuhi hak semua warga Papua untuk meningkatkan kompetensinya

Antusias masyarakat terutama para pemuda Papua sangat terlihat untuk terus mengikuti program-program yang diadakan oleh pemerintah untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga karyanya dapat tersalurkan dan dapat berguna untuk wilayahnya.

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Dikoperindag) Provinsi Papua Tengah mengadakan pendidikan dan pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan pengkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM.

Dengan adanya pelatihan dan pendidikan tersebut, Gubernur Ribka Haluk mengatakan melalui pelatihan yang efektif maka dapat meningkatkan kompetensi anggota, pengurus dan stafnya sehingga mereka dapat menjalankan tugas dengan lebih baik serta untuk mencapai keberlanjutan dan kesuksesan organisasi. Pelatihan ini diharapkan menjadi wadah untuk berbagai pengetahuan dan pengalaman serta memberikan alat dan sumber daya yang di perlukan agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas SDM.

SDM di Papua Tengah menjadi perhatian serius pemerintah untuk terus ditingkatkan kapasitasnya karena asset paling berharga dalam setiap organisasi, termasuk koperasi sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan anggota koperasi dalam menjalankan usaha dan pelayanan kepada masyarakat

Dukungan dari masyarakat sangat berguna dalam proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua, maka dari itu harus terus diperhatikan dan dikelola dengan tepat dan benar, mengingat kedepannya akan sangat dibutuhkan SDM-SDM unggul untuk membangun Papua.

Penulis adalah masyarakat Papua yang berada di Jakarta

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Peltu Sugiharto Babinsa cisereh pantau genangan air

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Tigaraksa – Dengan sigap dan gerak cepat, anggota Koramil 06/Tigaraksa Peltu Sugiharto …