Ulama Jabar hingga Sumbar Optimis Ganjar-Mahfud Tingkatkan Kualitas SDM

Oleh : Abdul Rahman 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Para ulama di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar) hingga Sumatera Barat (Sumbar) sangat optimis bahwa pasangan Ganjar-Mahfud mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat di Tanah Air.

Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan para ulama, kyai, ustadz, habib hingga pengurus pondok pesantren (Ponpes) di seluruh Jawa Barat di Purwakarta. Dalam kunjugan itu, dirinya mendapatkan sejumlah harapan dari para tokoh agama tersebut.

Pimpinan Ponpes Al Muhajirin Purwakarta, KH. Abun Bunyamin mengatakan bahwa dirinya sangat optimis bahwa sosok mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode atau selama sepuluh tahun masa bakti tersebut jelas akan bisa melaksanakan serta mengimplementasikan semua nilai yang ada dalam Undang-Undang (UU) tentang Pesantren sesuai dan sebagaimana kebutuhan dari kalangan Ponpes.

Baginya, sosok Ganjar Pranowo mampu untuk meningkatkan SDM masyarakat di Indonesia, tentunya agar menjadi jauh lebih berkualitas, berilmu hingga beriman.

Sementara itu, Capres yang diusung oleh koalisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut juga mengatakan bahwa dirinya akan terus mendukung akan pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar hingga bagaimana anggaran untuk seluruh Ponpes di Indonesia.

Dukungan tersebut bahkan nantinya akan dibuat secara tertulis dengan membuat adanya peraturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Sebenarnya kebijakannya sendiri sebelumnya memang telah ada, sehingga tugas selanjutnya yang akan dilakukan oleh Ganjar Pranowo adalah membuat peraturan pelaksanaan atau turunan dari UU yang sudah ada itu.

Pria yang juga pernah duduk sebagai anggota Parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) selama dua periode tersebut, juga menceritakan bagaimana pada saat dirinya masih menahkodai Provinsi Jateng, dirinya sendiri telah membuat adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pesantren. Lebih jauh, diapun mengajak kepada sejumlah kepala daerah lain untuk membuat perda serupa mengenai pesantren.

Tidak sampai di sana, namun Ganjar Pranowo juga memiliki komitmen yang sangat kuat tentang anggaran untuk pesantren. Dirinya pun menceritakan mengenai adanya anggaran yang pernah dihibahkan tatkala masih menjabat sebagai Gubernur di Jateng, yang mana nilainya mampu mencapai hingga ratusan miliar yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan dari para guru agama bahkan hingga di lintas agama.

Setiap tahunnya, kala itu, pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih tersebut mampu menghibahkan hingga sekitar 270 miliar Rupiah kepada Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk dibagikan kepada para guru agama, guru ngaji hingga mereka yang beragama lain seperti Hindu, Kristen, dan lainnya demi memberikan penghormatan kepada mereka semua.

Di sisi lain, karena dianggap merupakan sosok pemimpin masa depan bangsa yang memiliki banyak sekali modal untuk bisa terus membangun dan memajukan masyarakat di Tanah Air, menjadikan para ulama di Provinsi Sumbar bahkan sampai mengaku terkagum kepada sosok kepemimpinan Ganjar Pranowo. Terlebih, dirinya juga dianggap memiliki rekam jejak dengan banyaknya prestasi yang sangat mentereng pernah dibuatnya.

Maka dari itu, tidak mengherankan mengapa sejumlah ulama dan juga pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) yang berada di Sumbar memberikan pandangan mereka mengenai bagaimana sosok dari Capres bernomor urut tiga itu. Ulama Kharismatik Tanah Minang, Tuanku Bagindo Muhammad Letter menjelaskan pula bahwa sosok pendamping Mahfud MD itu merupakan pemimpin masa depan bangsa yang memiliki latar belakang kinerja sangat luar biasa.

Pasalnya, dia dianggap sangat memiliki banyak pengalaman dalam hal untuk mengayomi masyarakat. terlebih, adanya kemampuan dan juga pengalaman yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo dalam memimpin, mulai dari tingkat legislatif hingga eksekutif memang sama sekali tidak perlu diragukan lagi. Tentunya itu semua merupakan modal yang sangat berharga untuk bisa membangun bangsa ke depannya.

Terlebih, suami Siti Atiqoh itu juga memiliki visi mengenai Indonesia Unggul, yang mana di dalamnya dirinya dan Mahfud MD bertekad untuk bisa mewujudkan bangsa ini sebagai sebuah negara yang bahkan mampu memimpin dan mengungguli bangsa lain di kancah dunia.

Ketua Pondok Pesantren Sumatera Barat, Ustadz Akmal Hadi mengaku bahwa dirinya juga sudah sangat melihat bagaimana kecerdasan serta kewibawaan yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo sudah sangat sesuai dengan jiwa rakyat selama ini. pemimpin tersebut dinilai sebagai figur yang sangat nasionalis, humanis serta religius.

Untuk itu, sudah sangat jelas bahwa sosok Ganjar Pranowo sendiri telah memiliki banyak sekali program pengembangan dari apa dan bagaimana cita-cita para pendiri bangsa sebelumnya untuk mewujudkan Indonesia Unggul. Sehingga tidak mengherankan mengapa banyak diantara para ulama, tokoh agama hingga para pimpinan Ponpes di Sumbar sangat meyakini bahwa kader PDI Perjuangan itu akan mampu meningkatkan kualitas SDM bangsa.

 Penulis adalah kontributor Forum Literasi Sawahlunto

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Program AMANAH Fasilitasi Maksimal UMKM Aceh Lewat Pemberdayaan Pemuda

Oleh : Marwah Zakiyati  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan …