Obituari KH.Edi Junaedi Nawawi : Meneladani Ulama Kharismatik dan Bersahaja

 

 

Oleh : H. Ahmad Fuady,Lc.

Editor Ida Bastian

Tiga hari wafatnya KH. Edi Junaedi Nawawi, seorang ulama kharismatik Kota Tangerang yang saya kenal, tidak hanya meninggalkan duka untuk keluarga,  kerabat, sahabat,  dan umat  Islam Kota Tangerang karena wafatnya, akan tetapi juga meninggalkan jejak-jejak nilai spiritual dan politik kebangsaan yang tak terbilang harganya. Pesan-pesan spiritual dan sikap politiknya yang santun dan menyejukan itu tidak mudah dilupakan.

Sikap politiknya sangat mengesankan, karena selalu bersinggungan dengan persoalan umat. Berpolitik itu indah, manakala diniatkan untuk kepentingan orang banyak.

“Berbuat baiklah kepada semua orang, karena perbuatan baik yang kamu lakukan kepada orang lain akan kembali kepadamu. Demikian juga, jangan berbuat jahat kepada orang lain, karena perbuatan jahat yang kamu lakukan kepada orang lain, suatu saat akan kembali kepadamu,” itulah di antara pesan almarhum, K.H.Edi Junaedi Nawawi kepada saya, saat saya bersilaturrahmi, bertemu beliau untuk menguatkan sikap mental dan bekal politik menjelang pemilihan angota legislatif DPRD Provinsi Banten untuk Dapil wilayah Kota Tangerang 2019 lalu.

Kedekatan emosional saya dengan almarhum KH.Edi Junaed, ibarat anak dengan kedua orang tua. Ternyata, dibalik itu, kedekatan pertemanan dengan Ayahanda saya (alm.) H.Waisul Kurni turut memperkuat ikatan emosional saya dengan beliau.

“Jimmy ( Sobrun Samil ) adalah anak kandung saya, sedangkan Ahmad Fuady ( H Didi ) adalah anak saya”. demikian kata-kata tulus seorang K.H. Edi Junaedi saat ikut serta berkampanye pada Pemilu legislatif 2019.

 

KH.Edi Junaedi Nawawi telah menghadap keharibaan. Ketua Umum MUI Kota Tangerang tiga periode (2005-2020) telah banyak berkiprah dalam pencerahan umat itu meninggalkan banyak kesan dan pesan yang sangat bernilai.

Banyak orang yang pernah bertemu dan dekat dengan beliau terkesan dengan kesederhanaan dan kesajahanjaannya. Beliau seorang Alim Ulama  yang mumpuni dalam ilmu keagamaan, yang selalu tawadu ´dan rendah hati, bila memberikan ceramah (wejangan/nasihat) dengan tanpa merasa menggurui siapapun. Beliau sosok pejuang yang selalu konsisten dan istiqomah memikirkan kepentingan umat.

“Jika mendapat amanah menjadi politisi, jangan lupakan amanah itu untuk kepentingan umat dan orang banyak”.

Pesan-pesan politik kebangsaan K.H.Edi Junaedi Nawawi sangat jelas dan terang, seperti tanpa ada pembatas antara pemahaman keagamaannya yang penuh cinta kasih dengan sikap politiknya yang teduh, ramah dan damai untuk banyak orang.

Kiprah Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kota Tangerang 2020-2025, Almarhum K.H.Edi Junaedi,untuk kepentingan umat (Islam) di Kota Tangerang tentu tidak diragukan. Beliau mendapat amanah menjadi Ketua Umum MUI Kota Tangerang selama tiga periode.

Beliau memang tidak terlibat dalam politik praktis, akan tetapi peran dan kontribusi beliau dalam membesarkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Tangerang.tentu tidak akan kami lupakan.

Kami keluarga besar Partai Kebangkitan Bangasa (PKB) Kota Tangerang turut berduka cita yang mendalam. Memang, sejak 15 September 2021 lalu, sosok (fisik) K.H.Edi Junaedi Nawawi tidak bersama kita, tetapi aura, kharisma, pemikiran,  dan sikap politiknya yang santun dan ramah, akan selalu menjadi kenangan baik kami, para kader dan politisi PKB di Kota Tangerang,

Semoga amal baik beliau selama hidupnya mendapat balasan kelapangan dan ketenangan jiwa di sisi-Nya. Mari kita teladani kesajahajaan K.H.Edi Junaedi Nawai dan kita lanjutkan misi perjuangan beliau untuk kepentingan umat dan orang banyak. Amien Ya Mujibas Saailin.

Penulis adalah : Anggota DPRD Provinsi Banten

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Pengawasan dan Pengendalian TRANTIBUM Terus Digencarkan Satpol PP Tamansari 

Jakarta Barat, portalindonews.com – Sesuai Perda no 8 Tahun 2007 dan Surat tugas Kasatpol Nomor …