Hasil Survei Indikator Politik Terbaru: Ganjar Pranowo Pimpin Elektabilitas

Portalindonew.com, JAKARTA — Hasil survei dari Indikator Politik yang terbaru telah dirilis, ternyata dalam rilis tersebut nama Ganjar Pranowo masih terus memimpin elektabilitas jika dibandingkan dengan kandidat lainnya dalam Pilpres 2024.

Diketahui bahwa survei itu dilakukan dengan mengukur angka elektoral dari sebanyak 10 nama dengan menggunakan simulasi tertutup.

Hasilnya menunjukkan bahwa Capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo memimpin tingkat elektabilitas dengan perolehan sebesar 32,4 persen.

Kemudian, survei pun dilanjutkan dengan melakukan simulasi terhadap tiga nama besar, dan hasilnya pun tetap sama, yakni pemimpin berambut putih tersebut tetap paling tinggi dengan perolehan 35,2 persen suara.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan bahwa memang rata-rata di tiap tahun nama Ganjar secara konsisten terus meningkat.

“Tapi rata-rata di tiap tahun, Ganjar Pranowo konsisten meningkat,” katanya.

Sebagai informasi, survei tersebut dilaksanakan pada periode tanggal 15 hingga 21 Juli 2023 dengan penarikan sampel dengan metode multistage random sampling dan jumlah respondennya adalah sebanyak 1.811 orang. Margin of error dari survei terbaru itu adalah skitar 2,35 persen, yang mana berarti memiliki tingkat kepercayaan hingga sebesar 95 persen.

Dirinya melanjutkan bahwa memang angka elektoral dari tiap kandidat terus dinamis, namun sejak April 2022 lalu, secara konsisten pemimpin berusia 54 tahun itu berhasil unggul.

“Jadi, pilihan kepada capres ini seperti iman, ya. Kadang naik, kadang turun. Bayangkan Prabowo unggul 2020-2021, tapi disalip Ganjar di April 2022,” jelas Burhanuddin.

Menanggapi bagaimana hasil survei terbaru itu, Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan bahwa adanya kenaikan angka elektoral dari Ganjar Pranowo tentunya merupakan hasil kerja keras dari seluruh kader partainya.

“Memang kami harus (bekerja) lebih keras,” ucapnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa angka elektoral dari Ganjar terus meningkat karena memang ditentukan oleh para pemilih di akar rumput. Sebelumnya, elektabilitas yang dimiliki oleh pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut juga terus memimpin berdasarkan hasil survei dari lembaga berbasis di Australia, Utting Research.

Managing Director Utting Research, John Utting menjelaskan bahwa angka elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo mencapai hingga 34 persen.

Dia menambahkan bahwa mengenai bagaimana visi dan misi yang diinginkan oleh publik, ternyata masyarakat memang sangat mengharapkan adanya sosok pemimpin penerus Presiden Jokowi.

Mayoritas masyarakat sangat menginginkan adanya keberlanjutan dari program Presiden RI ketujuh tersebut.

“Responden yang menginginkan visi misi melanjutkan sebagian kebijakan pemerintahan Jokowi dan memperbaiki sebagian lainnya mencapai 61 persen,” terang John.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Satgas Yonif 122/TS Ciptakan Program Air Bersih Siap Minum di Perbatasan Papua

Portalindonews.com, Keerom – Satgas Pamtas Statis Ri-Png Yonif 122/TS Mengadakan penyaringan air bersih menggunakan pasir …