ICMI Orda Kota Tangerang Launching Buku Gempita Di Negeri Tercinta

Portalindonews.com, Kota Tangerang – Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia organisasi daerah ( ICMI Orda) Kota Tangerang menggelar sillaturahim dan launching buku “Gempita Di Negeri Tercinta” Karya pengurus ICMI Dinayat Ilyas. Acara yang di helat di salah satu kediaman pengurus ICMI di bilangan Pinang, Kota Tangerang, Kamis 13 April 2023.

Seperti biasanya saat puasa ramadhan, acara yang digelar ICMI bukan sekadar buka puasa bersama, tapi selalu menghadirkan karya dan gagasan, serta menumbuhkan budaya literasi.

Acara dihadiri oleh ketua umum ICMI Orda Kota Tangerang, Jazuli Abdillah beserta pengurus dan masyarakat serta anggota Sanggar Pena, di awali dengan membedah buku “Gempita Di Negeri Tercinta” dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

“Dalam tradisi ICMI, Ramadhan bukan hanya seremonial tahunan dengan acara Bukber, tapi harus diisi yang substansial. Nah, kita kali ini berdiskusi sekaligus peluncuran buku karya bang Dayat yang segar dan renyah dibacanya, sekaligus buka puasa. Jadi, buka puasa bersama itu bukan acaranya.” Katanya sambil tersenyum.

Selanjutnya ketua umum ICMI Orda Kota Tangerang, H Ahmad Jazuli Abdillah dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam menyajikan tulisannya Dayat Ilyas masih konsisten dalam bahasa yang khas, seperti; syair.

“Selain konsisten, Bang Dayat (panggilan Jazuli kepada penulis) juga nengemasnya dalam diksi ‘Betawi’ yang sangat kental,” jelas politisi partai berlambang berlian ini.

Ketika diminta untuk menyampaikan kata pengantar, Jazuli harus membacanya secara teliti agar lebih meresapi apa yang diungkapkan penulis. Menurutnya bahwa buku ini bukan sekedar berisi catatan atas peristiwa yang terjadi, akan tetapi ia mampu menyisipkan pandangan yang mewakili nurani atau suara rakyat, sehingga setiap peristiwa memiliki nilai tersendiri dan tidak berdiri tunggal yang tanpa dampak bagi masyarakat, atau sekedar cerita yang gegap gempita.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, bahwa buku “Gempita di Negeri Tercita” sesungguhnya kritikan penulis yang tajam dan pedas untuk dirasakan,  yang merupakan catatan peristiwa sosial-politik sepanjang Tahun 2020 hingga akhir 2022. Akan tetapi karena gaya penyampaiannya yang dibumbuhi humor, sehingga membuat pembacanya tidak merasa sedang dikritik habis-habisan atau dihujat. Bahkan bila membacanya lebih dalam, terkadang membuat kita tersenyum lebar, yang tanpa sadar bahwa sesungguhnya kita sedang mentertawai diri sendiri. Mentertawai perilaku sosial yang terjadi di tengah masyarakat selama ini.

Selanjutnya selain isinya cukup padat dan menginspirasi, buku ini memuat lebih dari 30 judul syair atau lebih dari 195 bait syair, dimana setiap baris memiliki rima yang sama. Satu hal yang memerlukan ketelitian dan kemampuan tersendiri.

“Terakhir saya merekomendasikan untuk membaca buku ini, sebab sangat mungkin isinya mewakili pandangan serta suara bathin kita,” tutup Jazuli.

Sementara penulis buku, Akhmad Dinayat Ilyas menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus ICMI Orda Kota Tangerang, terutama kepada ketua umumnya serta hadirin yang hadir saat launching buku tersebut. Ucapan terima kasih juga di sampaikan kepada yang telah membantu terbitnya buku ‘syair’ “Gempita di Negeri Tercinta” Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) beserta jajaran rektorat dan pihak-pihak yang terlibat.

Selanjutnya, Dayat Ilyas (nama panggilan) manyampaikan bahwa terbitnya buku keempat “Gempita di Negeri Tercinta” berkat dorongan dan bantuan ketua umum serta teman-teman ICMI. Untuk itu ia mendukung dan mendorong Ahmad Jazuli Abdillah dapat mengisi bursa calon Walikota Tangerang 2024-2029.

“Harapan saya di Pilkada 2024 nanti, ketua ICMI Orda Kota Tangerang dapat berlaga di Pilkada walikota dan wakil walikota, hingga duduk di T1,” pungkas Dayat Ilyas.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Personel Satgas Yonif 122/TS Meriahkan HUT Kabupaten Keerom Ke-21

PORTALINDONEWS.COM, Keerom ~ Dalam Rangka HUT Kabupaten Keerom ke 21 tahun, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan …