Koops Habema TNI Respons Kebutuhan Masyarakat Homeyo dan Wilayah Lain Papua Akan Penerangan Lampu Listrik

Portalindonews.com, Timika, – Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah rasa aman dengan adanya cahaya di tempat yang gelap. Dengan rasa aman tersebut, manusia akan memiliki kenyamanan dan ketenangan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Menyadari pentingnya rasa aman ini, Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA melaksanakan tugas di wilayah Papua dengan menggelar beberapa program, termasuk kegiatan teritorial untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di sekitar tempat tugas.

Sejak penugasan dimulai pada kuartal pertama tahun 2024, pasukan KOOPS HABEMA melihat kesulitan yang dialami warga setempat, khususnya masalah penerangan listrik.

Beberapa distrik (kecamatan) di Papua yang mengalami kesulitan penerangan listrik antara lain Distrik Homeyo, Distrik Mbuwa, Distrik Yigi, dan Distrik Dal. Beberapa tempat lain di Papua juga mengalami masalah serupa, tetapi masih terbatas dalam menghadirkan penerangan listrik.

Merespons kesulitan ini, pasukan KOOPS HABEMA segera bertindak dengan mendatangkan penerangan listrik ke Distrik Homeyo serta beberapa tempat lain seperti Distrik Mbuwa, Distrik Yigi, dan Distrik Dal. Upaya ini telah dilakukan sejak awal penugasan hingga sekarang. Secara bergantian, KOOPS HABEMA telah berusaha menyediakan penerangan gratis bagi warga setempat.

Pemasangan beberapa lampu PJU (Penerangan Jalan Utama) menggunakan solar cell serta penerangan di rumah-rumah warga merupakan wujud usaha KOOPS HABEMA secara cuma-cuma. Kegiatan pemasangan lampu PJU dan penerangan warga dilakukan secara bergotong-royong oleh prajurit KOOPS HABEMA bersama masyarakat setempat.

Kegiatan teritorial oleh KOOPS HABEMA ini merupakan realisasi dukungan TNI dalam pemberian pelayanan dasar kepada masyarakat Papua, yang selaras dengan Instruksi Presiden (Inpres) kepada Panglima TNI sebagaimana tercantum dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua. Realisasi ini juga sejalan dengan strategi penyelesaian permasalahan Papua yang ditegaskan kembali oleh Panglima TNI saat Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, yang berupa strategi smart power, meliputi kombinasi soft power, hard power, dan diplomasi militer.

“Kegiatan teritorial dalam wujud pemasangan penerangan listrik di tiga distrik wilayah Kabupaten Nduga merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat setempat, khususnya dukungan dalam pemberian pelayanan dasar sebagai bagian upaya mempercepat pembangunan Papua,” ucap Pangkoops HABEMA Letjen TNI Richard Tampubolon pada Sabtu (18/5/2024).

About Portalindonews

Check Also

Berbagai Pihak Apresiasi Percepatan Pembangunan Gedung AMANAH

Oleh: M. Sahar Editor: Ida Bastian  Portalindonews.com – Pembangunan Gedung Pusat Aneuk Muda Unggulan Aceh …