Kuatkan Sinergitas, DP MUI Silaturahmi Ke Kecamatan Pinang

 

Kota Tangerang – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang dengan Dewan Pimpinan MUI Kecamatan se Kota Tangerang, serta menjalin sinergitas antara ulama dan umaro. Dewan Pimpinan MUI Kota Tangerang mengadakan silaturahmi ke Dewan Pimpinan MUI Kecamatan Pinang, Selasa, 5 Oktober 2021, bertempat di Kantor Kecamatan Pinang Kota Tangerang.

Silaturahmi ke MUI Kecamatan Pinang adalah jadwal.kesembilan silaturahmi Dewan Pimpinan MUI Kota Tangerang, sebelumnya sudah delapan MUI Kecamatan yang di kunjungi Dewan Pimpinan MUI Kota Tangerang.

Silaturahmi yang di fasilitasi oleh Camat Pinang , H Kaonang MSi, membahas beberapa rencana kegiatan dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh MUI Kota Tangerang maupun MUI Kecamatan Pinang

Ketua umum MUI Kota Tangerang, KH Ahmad Baijuri Khotib dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa program diantaranya adalah :
Bahwa tujuan dari silaturahmi adalah untuk mendorong kembali sinergitas antara ulama dan umaro di level kecamatan.
Juga dapat membangun kordinasi dengan tiga pilar yang ada di kecamatan dalam rangka dakwah serta pembinaan kepada masyarakat hingga menemukan titik temu agar ada kalimat yang sama antara ulama dan umaro dan bisa disinergikan.

Menurutnya, bahwa saat ini kita konsentrasi bagaimana menyelamatkan umat dari situasi yang sangat luar biasa, yakni karena efek pandemi dan bagaimana MUI punya peran di tengah umat yang sedang diambang keputusasaan karena efek tersebut merontokan ekonominya

Selanjutnya kata Baijuri, ia ingin memastikan bahwa MUI kecamatan se Kota Tangerang harus punya gedung sendiri, sebelum kepemimpin kepala daerah berakhir masa jabatan yang hanya tersisa lebih kurang dua tahun lagi.

Kemudian katanya bahwa dalam pembinaan spiritual baik mental maupun akhlak harus ada variasi, salah satunya kita harus bisa dakwah secara langsung (jemput bola) kepada masyarakat.

Sementara itu, Camat Pinang H Kaonang MSi menyampaikan bahwa ia sangat bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan Ketua MUI Kota Tangerang, karena ini menjadi sebuah kehormatan dan barokah untuk kami, MUI Kota Tangerang dan MUI Kecamatan beserta jajaran

Selanjutnya ia juga menyampaikan bahwa Kecamatan Pinang bekerja sama dengan Ormas-Ormas Islam telah membuat program Pemberantassn Buta Hruf Al-Qur’an Lansia, dimana para Lansia yang buta baca tulis AlQuran akan diajarkan Al Quran oleh pembimbing (Pengajar) dengan metode jemput bola (pengajar datang ke alamat lansia), dengan perbandingan satu Lansia satu pembimbing.

Kemudian kata Kaonang, bahwa Pinang adalah penyetor zakat profesi tertinggi seluruh OPD se Kota Tangerang yang disetorkan kepada Baznas Kota Tangerang.

Kemudian iapun berharap, dengan adanya silaturahmi ini mudah mudahan menjadi pedoman dan bisa berjalan dengan baik, hingga ajang silaturahmi ini bisa semakin menambah erat sinergitas antara Ulama dan Umaro.
Karena menurutnya bahwa pembinaan kepada masyarakat itu bukan hanya tugas pemerintah saja akan tetapi Ulama juga mempunyai kewajiban.

Sementara ketua MUI Kecamatan Pinang, KH Bukhori AlArobi mengatakan bahwa “Inti dari Silaturahmi ini adalah bagaimana kami pengurus MUI Kecamatan Pinang untuk dapat mengikuti arahan dari Ketua MUI Kota Tangerang. Di mana titik berat dari agenda kita tahun ini adalah bagaimana memberdayakan ekonomi umat lewat masjid, karena kita tahu bagaimana saat ini masyarakat sangat terpukul atas kejadian pandemi”.

Menurutnya bahwa Inti dari silaturahmi ini adalah menguatkan kembali hubungan antara ulama dan umaro, dan semuanya adalah untuk kebaikan umat dan masyarakat.

Silaturahmi DP MUI Kota Tangerang dihadiri oleh Ketua Umum MUI KH Ahmad Baijuri Khotib, didampingi wakil Ketua umum, KH Abdullah Tholib, Ketua I, KH Arif Hidayat MA dan Sekretaris I KH Misbahul Munir, serta Bendahara I Ida Rosidah.
Di fasilitasi oleh Camat Pinang, H Kaonang beserta Sekertaris Kecamatan, dan Kasie Kemasyarakatan, dan diterima oleh Ketua MUI Kecamatan Pinang, KH Bukhori Al Arobi dan Sekretaris serta Bendahara.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Serka Suharno Dampingi Petugas Berikan Layanan Posyandu

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Serka Suharno Babinsa Kelurahan Tangki anggota Koramil 01/Tamansari Kodim …