Kyai Lutfi Hakim: Moderasi Beragama Adalah Tanggung Jawab Bersama

Portalindonews.com, JAKARTA – Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR), KH Lutfi Hakim mengatakan pentingnya Moderasi Beragama hadir di Indonesia sebagai solusi untuk menciptakan kerukunan dan harmoni kehidupan bersama, di dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Hal ini disampaikan dalam acara Pelatihan Moderasi Beragama Guru PAI Tingkat SMA/SMK se-Propinsi DKI Jakarta pada hari Selasa (16/11) di Hotel Orchard Jakarta Pusat, yang dilaksanakan oleh Yayasan Al-Hikmah Sawah Besar Jakarta.

 

Lebih jauh, KH Lutfi Hakim menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara di mana masyarakatnya itu sangat religius dan pada saat yang sama juga majemuk. Meski bukan negara yang berdasarkan pada agama tertentu, tapi masyarakatnya sangat lekat dengan kehidupan beragama. Boleh dibilang nyaris tidak ada satupun urusan keseharian masyarakatnya yang tidak terkait dengan agama.

 

Religiusitas atau semangat beragama ini tidak bisa dipisahkan dari komitmen berbangsa dan bernegara. Makanya dibutuhkan suatu perekat, yaitu Moderasi Beragama.

 

“Moderasi Beragama merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya perseorangan, kelompok atau institusi tertentu,” pungkasnya..

 

 

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Komisi PRK MUI Gelar Pembinaan Remaja Se Kota Tangerang dan Berbagi Takjil

Oleh: Ida Bastian Editor: Ida Bastian Portalindonews.com, Kota Tangerang – Bertajuk “Meningkatkan Kekuatan Iman bagi …