Liga Top Skor Papua Bersama Korem 172/PWY Gelar Kompetisi Sepakbola Usia Dini

PORTALINDONEWS.COM, Jayapura – Liga Top Skor Papua Bersama Korem 172/PWY menggelar Kompetisi sepakbola untuk usia dini U-10 yang digelar di lapangan Sepakbola Kampung Nafri, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jum’at (22/12).

Kompetisi ini diikuti oleh 6 SSB yaitu SSB Papua United, SSB Nafri A, SSB Nafri B, SSB McArthur, SSB Hidayatullah dan SSB Imanuel Sentani. Berlangsung selama 2 hari, kamis 21 Desember 2023 s/d Jumat 22 Desember 2023.

Danrem 172/PWY yang diwakili oleh Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Kasrem 172/PWY Kolonel Arh. Samujiyo saat menyerahkan piala dan medali sekaligus menutup kompetensi tersebut, menyampaikan apresiasi dan bangga dengan semangat yang ditunjukkan oleh para pemain.

“Saya mewakili Danrem 172/PWY mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang turut mendukung baik agar pertandingan ini berjalan dengan lancar, dan mari bersama-sama membina dan membangun semangat anak-anak kita ke hal yang Positif yaitu mengembangkan potensi anak papua khususnya di bidang sepak bola,” tuturnya.

Pihaknya berharap, kompetisi ini mampu mematangkan bakat-bakat pengalaman dalam membentuk para pemain serta mempunyai semangat bertanding. Pengalaman merupakan hal yang penting di dalam lapangan sehingga bisa mencapai kemenangan.

“Oleh karena itu, perlu adanya pembinaan secara berjenjang kedepannya agar dapat melatih dan meningkatkan skill yang sudah mereka miliki. Kemampuan dari adik-adik semua sudah luar biasa. Hanya perlu semangat lagi, tadi sudah saya lihat bagus, kerja sama tim juga cukup bagus,” pungkasnya.

Sementara itu Kordinator Liga Top Skor Papua, Kapten Inf Guntur Lukas Tjo’e menuturkan, kegiatan ini dapat terlaksana berawal dari adanya jeda kompetisi Liga Top Skor Papua U-15 dan libur sekolah serta menyambut Natal dan Tahun baru. Dengan waktu yang ada, para coach SSB di Kota/Kab. Jayapura berinisiasi digelarnya pertandingan usia dini U-10.

“Bukan hanya para pemain dan Official tim, tapi para Orang Tua juga sangat antusias dengan kompetisi ini dimana pertandingan sepak bola usia U-10 sangat jarang diselenggarakan. Ini sebagai ajang anak-anak menunjukkan kemampuan mereka selama ini,” jelasnya.

Ditambahkan, kegiatan Liga Top Skor Papua sudah berjalan dari Tahun 2021 dan khusus usia dini, masih dalam tahap percobaan yang saat ini disebut dengan Pra Kompetisi Liga Top Skor Usia 10 tahun.

“Pelaksanaan saat ini tujuannya hanya mengenalkan saja tentang kompetisi usia dini. Kedepan jika animo semakin banyak, kami akan membuat lagi Liga Usia dini seperti ini. Tentunya dengan format kompetisi yang panjang seperti yang sudah kita Lakukan pada usia 12 tahun s.d 16 tahun,” ujar Guntur Lukas Tjo’e yang kesehariannya menjabat sebagai Ps. Pasilidpam Sintel Korem 172/PWY.

Pihaknya berpesan, kepada para orang tua agar memotifasi anak-anaknya untuk terus berlatih di SSB yang ada, karena Liga Top Skor bersama seluruh pihak terkait akan berusaha terus membuat kompetisi sehingga anak-anak dapat menyalurkan bakatnya dalam bidang sepakbola.

“Dengan adanya kompetisi tentunya akan memberikan jam terbang dan pengalaman berkompetisi sejak usia dini sehingga terbentuk sikap dan perilaku, merubah Pola pikir dan kepribadiannya serta tentunya membentuk karakternya sebagai pemain sepakbola karena dibina sejak usia dini,” tandasnya.

Keluar sebagai Juara Pra-Kompetisi Liga Top Skor U-10 yakni Juara 1 diraih oleh SSB United Papua. Juara 2 diraih oleh SSB Nafri dan Juara 3 diraih oleh SSB Mc Arthur Ifar Gunung. Top Skor/Pencetak Gol terbanyak diraih oleh Hisonic Bahabol dari SSB Papua United dan Best Player/Pemain Terbaik Raja TJOE dari SSB Nafri.

(Penrem 172/PWY)

About Portalindonews

Check Also

Jalan Sehat, Pangdam Jaya Menghadiri Rangkaian Kegiatan Penutupan Apel Komandan Satuan TNI AD TA. 2024

Portalindonews.com, Kodam Jaya – Bali. Jalan sehat mengawali rangkaian kegiatan penutupan Apel Komandan Satuan TNI …