Inilah Link Pendaftaran Kerjasama LP2KU MUI dengan Baznas Kota Tangerang Untuk Beasiswa S1 Kepada Calon Ulama

Portalindonews.com, TANGERANG – Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kader Ulama (LP2KU) MUI Kota Tangerang melakukan kerjasama dengan badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kota Tangerang dalam upaya mencetak sarjana bagi para kadernya. LP2KU atau Ma’had Aly dahulu bernama Pendidikan Kader Ulama (PKU), adalah program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh lembaga MUI Kota Tangerang sejak Tahun 2004, dengan tujuan mencetak kader-kader ulama yang mumpuni.

Untuk hal tersebut LP2KU MUI mewujudkannya melalui program beasiswa S1 bagi para santri lulusan pesantren, guru-guru pesantren serta pengurus masjid yang ada di Kota Tangerang.

Direktur LP2KU MUI Kota Tangerang, H. A.Muzaini Aziz, Lc., MA. Menjelaskan bahwa saat ini sudah dibuka pendaftaran kuliah gratis yang bisa diakses oleh para calon penerima beasiswa secara daring melalui link google form.

BERIKUT LINK PENDAFTARAN  : https://bit.ly/beasiswa_mui23

Untuk kerjasama perdana ini, ditargetkan peserta sebanyak 40 orang yang nantinya akan disaring melalui seleksi.

“Pertama memang visi kita adalah untuk meningkatkan SDM warga Kota Tangerang dalam hal ini ulama (kaderisasi Ulama), untuk tahap awal ini kita punya target 40 orang,”ujar Muzaini ditemui di gedung MUI Kota Tangerang, Selasa 2 Mei 2023.

Muzaini melanjutkan, nantinya para peserta akan menjalani perkuliahan di kampus STISNU Kota Tangerang dengan jurusan Hukum Keluarga Islam. Untuk masa belajar, mereka nantinya akan menjalani pendidikan seperti pada umumnya jenjang Strata 1 yakni 4 tahun.

Adapun untuk proses seleksi yang akan dilakukan berupa tes baca kitab kuning, tes akademik, baca tulis Al Quran serta bahasa Arab.

“Untuk kelengkapan berkas persyaratan bisa diserahkan ke panitia di gedung MUI hingga 31 Mei 2023,” imbuhnya.

Ia pun menuturkan bahwasannya target perkuliahan bisa terlaksana pada bulan Juli 2023. Dengan begitu nantinya pengumuman kelulusan calon peserta akan diinformasikan pada bulan Juni.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Tangerang, KH M. Aslie Elhusyairy menuturkan pihaknya mendukung program beasiswa yang diperuntukan bagi para ulama di Kota Tangerang ini. Dukungan ini sejalan dengan program Baznas dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Tangerang.

Baznas nantinya akan menerima pengajuan anggaran dan jumlah orang penerima manfaat dari LP2KU MUI yang kemudian direalisasikan dalam program beasiswa bagi para ulama.

“Kami sangat tertarik, selama dana cukup akan kami berikan. Beasiswa ini programnya sampai selesai Kuliah sehingga kita ingin hasil yang dikeluarkan LP2KU MUI ini memiliki nilai plus,”ujar Ketua Baznas.

Menurut Buya Aslie bahwa penyaluran dana Baznas saat ini tertinggi ada pada program pendidikan. Maka dari itu, program beasiswa bagi para ulama ini sudah sesuai.

“kami akan maksimalkan ini, karena memang sekarang membantu orang untuk makan tidak terlalu masalah, sekarang ini soal pendidikan. Karena ini (program pendidikan) memberi dampak panjang jadi pendayagunaan,” pungkasnya.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Kegiatan Rutin Babinsa, Serka Suharno Pantau Harga Sembako dan Situasi Keamanan Pasar

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Kembali PD Pasar Jaya Pecah Kulit  yang berlokasi di …