Tambang Siluman Muncul di Desa Kalemandalle, Bhabinkamtibmas Bungkam

PORTALINDONEWS.COM, Gowa – Praktik Pertambangan galian C secara ilegal menjadi masalah serius di Kabupaten Gowa yang sudah berlangsung lama.

Meskipun Aparat Penegak Hukum ( APH) mengetahui aktifitas ini namun bisnis gelap ini tetap jalan tanpa hambatan sehingga penambang dapat berbuat sesuka hati karena tidak ada penegakan hukum secara tegas.

Tipidter Polres Gowa yang menangani persoalan tambang seakan tutup mata dan telinga dan tidak berdaya menghentikan aktifitas tambang yang ada diwilayah hukum Polres Gowa.

Seperti salah satu contoh, lokasi tambang yang ada di Dusun Balla Tabbua, Desa Kalemandalle, Kecamatan Bajeng Barat pada saat media ini turun ke lokasi, saat dipertanyakan siapa pengelola tambang disini semua bungkam dan menghindar dari pertanyaan wartawan dan satu persatu memilih pergi.

Diperoleh informasi dari warga bahwa aktifitas tambang tersebut sudah berjalan sekitar satu minggu dan direncanakan akan dibuat kolam.

“Kalau tidak salah, jalan satu minggu pak, penanggung jawabnya saya juga tidak tau siapa, tapi kalau tidak salah ini lokasi milik Dg. Jalling rencana mau dibuat kolam,” ucap warga yang tidak disebutkan namanya.

Karena tidak mendapatkan informasi di lokasi tambang, media ini mencoba menghubungi Bhabinkamtibmas Desa Kalemandalle Aiptu Darwis namun lagi – lagi chat whats up yang dikirimkan, Jumat (27/10/23) sampai berita ini terbit, Minggu (29/10/23) ternyata hanya di lihat saja tanpa dibalas.

Sementara kita ketahui bahwa Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di Desa atau Kelurahan harus selalu siap menerima informasi dan membangun komunikasi terkait keadaan kamtibmas diwilayahnya namun hal ini tidak dilakukan oleh Aiptu Darwis kepada wartawan yang sedang meminta informasi.

Dan sangat tidak masuk akal jika tidak mengetahui persoalan kegiatan tambang yang ada di Balla Tabbua.

Demi menjaga citra kepolisian agar tidak ternoda akibat adanya segelintir oknum yang tidak bisa menegakkan hukum secara benar sehingga diharapkan Kapolda Sulsel untuk dapat memerintahkan anggotanya untuk turun dan memberantas tambang, baik di wilayah Gowa maupun di beberapa Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. ( Syam).

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Komsos Babinsa Serka Kusnudin dalam Rangka Komunikasi Efektif Dua Arah

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Dalam rangka Komunikasi efektif dua arah yaitu pertukaran pesan …